Kabar Utama

Mempertegas SK Menhub-RI Nomor : 782/2018, Ijin Pembangunan Bandara Siboru Segera Turun

 

APBD Kabupaten Fakfak Rp. 30 Miliyard
ABPD Provinsi Papua Barat Rp. 20 Miliyard

Fakfak – Dalam rangka mempertegas SK Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor : 782/2018, lima orang diperintahkan untuk melakukan survey titik runway bandara pada Jumat (26/5) sore di lokasi rencana pembangunan Bandara Yakob Patipi di Kampung Siboru.

Kedatangan tim dari biro hukum dan direktorat perhubungan udara ini, adalah untuk melihat secara langsung titik-titik runway, apakah telah sesuai dengan gambar yang ditandatangani Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

“Menurut mereka, hasilnya bagus dan telah sesuai dengan gambar yang telah direncanakan, sehingga pembangunan bandara segera bisa dimulai,” jelas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Fakfak, Samaun Dahlan, S.Sos. M.A.P.

Lebih lanjut Samaun menjelaskan, setelah memastikan titik-titik runway telah sesuai dengan gambar rencana, maka tak lama lagi akan segera keluar ijin pembangunan.

“Mudah-mudahan dalam sebulan, ijin untuk memulai pembangunannya sudah keluar. Untuk itu, kami akan segera melelang pekerjaan pematangan lokasi. Insya Allah bulan Juni sudah bisa dilelang dan Juli semoga bisa mulai pengerjaannya. Lebih cepat lebih baik,” ujar Samaun optimis.

50 miliar akan segera digelontorkan untuk pekerjaan pematangan lokasi bandara ini. Dana ini merupakan dana patungan antara Pemerintah Kabupaten Fakfak dan Pemerintah Provinsi Papua Barat.

“Dananya 50 miliar, dan dari APDB Pemerintah Kabupaten Fakfak sebesar 30 miliar, sedangkan 20 miliar ditanggung Pemprov,” imbuh Samaun.

Lima orang yang datang kemarin, dari Biro Hukum antara lain, Joni Pangaribuan dan Moh. Fadly Arifin. Sedangkan dari Direktorat Perhubungan Udara ialah, Bambang Hermanto, Awan Setiawan dan Syarif Sumirat.

Saat ini, untuk menuju rencana lokasi pembangunan runway Bandara Siboru, masih ada beberapa titik yang perlu segera dibenahi. Untuk itu, pihak dinas PUPR merencanakan mengaspal jalan menuju lokasi tersebut, tahun depan. (ret)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close