Headline

H-5 Lebaran, 2.300 Lebih Penumpang Mudik Berangkat Dari Pelabuhan Fakfak

Arus mudik penumpang Kapal KM Nggapulu H-5 Jelang Idul Fitri terlihat padat, ft Dok

FAKFAK- Arus mudik penumpang lebaran Tahun 1439 H/2018 M di pelabuhan Fakfak menjelang H – 5 kemarin meningkat drastis, bahkan penumpang yang tidak mendapatkan tiket kapal putih milik PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) harus berupaya naik kapal agar dapat membeli tiket.
Dari dua kapal putih yakni KM. Tidar yang berangkat pada Sabtu pagi (9/6) dan KM. Nggapulu yang berangkat Minggu siang (10/6) dari pelabuhan Fakfak terpantau sejumlah media, jumlah pemudik yang akan berangkat menuju Ambon – Bau Bau – Makasar – Surabaya dan Jakarta membludak di pelabuhan Fakfak.
Membludaknya penumpang mudik pada H-6, dari pelabuhan Fakfak membuat pihak PT. Pelni harus merubah trayek KM. Tidar dan KM. Nggapulu pada trip kali ini.
KM. Tidar yang masuk dari pelabuhan Sorong di Fakfak tidak lagi menuju Kaimana – Dobo dan Tual, melainkan pada pelayaran trip kali ini merubah rute dari Fakfak langsung berlayar menuju Ambon – Bau Bau – Makasar – Tanjung Perak Surabaya hingga Tanjung Ptiok Jakarta.
Begitupun KM. Nggapulu, pada minggu pagi (10/6) yang tribnya dari pelabuhan Kaimana tidak lagi kembali ke Kaimana – Dobo – Tual melainkan langsung merubah rute pelayaran dari Fakfak menuju Ambon.
Kepala PT. Pelni Cabang Fakfak, Khairin Noor, mengatakan, aktifitas pelabuhan Fakfak pada H – 5 sangat dipadati dengan penumpang mudik yang turun turun maupun yang dari dari pelabuhan Fakfak yang menggunakan 2 (dua) Kapal Putih milik PT. Pelni.
Menurutnya, pada H – 5 lebaran jumlah penumpang mudik yang berangkat dari Pelabuhan Fakfak dengan menggunakan KM. Tidar dan KM. Nggapulu diperkirakan mencapai 2.300 penumpang yang telah keluar dari Fakfak.
Dikatakannya, pada arus mudik lebaran pada hari Sabtu (9/6) dan minggu (10/6) yang menggunakan KM. Tidar dan KM.Nggapulu peningkatan arus penumpang kedua kapal tersebut meningkat sekitar 50 persen lebih.
Bila tambah arus penumpang mudik dua minggu sebelumnya yang telah keluar Fakfakdengan dengan KM. Tidar maupun KM.Nggapulu maka jumllah penumpang yang telah keluar dari Fakfak sebanyakkurang lebih 3000 ribuan lebih.

Terpisah, Teguh menjelaskan khususnya penumpang KM. Nggapulu kemarin mengangkut 815 penumpang yang naik dari fakfak dan penumpang turun di ambon sebanyak 714 orang, (ret)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close