Ekonomi

Freddy Thie : Penggunaan Dana Desa Dikenakan Pajak

Ketua Komisi III DPRD Fakfak, Drs. Freddy Thie

FAKFAK – Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Fakfak, Drs. Freddy Thie menegaskan, penggunaan dana desa atau kampung tetap dikenakan pajak.

Mulai dari gaji kepala kampung hingga perangkatnya, dibayarkan setelah dipotong pajak, karena gaji yang diberikan menjadi penghasilan tetap perbulan.

“Jadi para kepala diharuskan membuat dan punya NPWP (nomor pokok wajib pajak). Ada SPT, PPH dan PPN, itu pajak disetor ke kas negara dan yang memotong langsung adalah bendahara,”ujar Thie ditemui druang kerjanya, Selasa (26/6/2018).

Selain itu, lanjut mantan Wartawan Suara Pembaharuan ini bahwa, belanja lainnya dikenakan pajak daerah diantaranya, belanja makan minum, belanja barang dan sebagianya. Pajaknya disetorkan ke kas daerah, namun buktinya harus diambil untuk dijadikan laporan pertanggungjawaban, terutama yang paling penting bukti belanja barang.

“Hal ini menjadi perhatian para kepala kampung, terutama pendamping harus tahu, karena pendamping yang setiap saat mendampingi mereka untuk begaimana menghitung pajak,”kata Thie. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close