Kabar Utama

Hari Krida Pertanian, 5 PPL Dapat Penghargaan, 4 Petani Terima Alsintan

Suasana peringatan Hari Krida Pertanian dan Hala Bi Halal Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Fakfak.

FAKFAK- Hari Krida Pertanian ke-46 tahun 2018 dan Halal Bi Halal Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Fakfak dilaksanakan, Selasa (26/6/2018) di Kampung Air Besar Distrik Fakfak Tengah, Kabupaten Fakfak, yang diawali degan pembacaan Kalam Ilahi oleh Arkani Fakaubun, dan Tauziyah Oleh Drs H. Ali Baham Temongmere, M.TP.

Ali Baham Temongmere yang juga sebagai Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Fakfak ini dalam hikmah mengapresiasi masyarakat yang bergerak dibidang pertanian secara khusus dan umumnya di Kabupaten Fakfak.

Dia mengatakan kegagalan panen dimasa lalu merupakan proses, tetapi tidak dijadikan sebagai alat untuk merusak masa depan, karena semuanya itu membutuhkan proses yang panjang dan tantangan.

“Hanya ada beberapa kesempatan yang dimiliki oleh masyarakat pertanian yaitu hari kemarin untuk hari ini, selanjutnya hari ini untuk hari esok, walaupun hari esok belum tentu datang namun tetap optimis akan ada proses panen oleh karena itu kerja sama itu penting untuk dibangun,”ujar Ali Baham Temongmere yang disapa ABT.

ABT menegaskan, petani khusus yang beragama muslim rajin mengeluarkan zakat setiap tahun dari hasil pertanianya maka Insya Allah hasilnya akan berkah dan di ridhoi oleh Allah SWT.

“Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia yang lain, siapa yang tidak berterimah kasih kepada manusia yang lain maka pada hakekatnya tidak bersyukur dan berterimah kasih kepada Allah SWT,”jelasnya.

Menurut ABT, alasanya adalah Pemerintah tidak mungkin menurunkan program ke kampung tanpa sebab, jika tidak digerakkan hatinya oleh Allah SWT Tuhan yang Maha Kuasa.

“Bupati Fakfak buat program gerbang kaca itu bukan tanpa sebab, tapi karena hatinya digerakkan oleh Allah SWT,”jelasnya.

Ia meminta pemerintah dan masyarakat saling jujur dan terbuka,  yang mana Pemerintah jujur data pertanian, sementara petani juga dapat bantuan harus jujur,“Masyarakat jujur, kalau tidak jujur maka mari kita jujur,”pintanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Fakfak, Mohammad Uswanas memberikan penghargaan kepada 5 Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan 4 petani penerima Alat Mesin Pertanian (Alsintan), yang dilanjutkan dengan makan bersama dan meninjau hasil olahan makanan dari ubi ubian yang dilakukan oleh ibu-ibu kelompok tani.

Selain itu, Bupati dan rombongan mengunjungi denplot pertanian kelompok tani Air Besar, dan panen Kubis atau Kol. Kegiatan tersebut selain dihadiri Bupati Fakfak, juga Forkopimda, Ketua DPRD Fakfak, Pimpinan OPD, Undangan serta kelompok petani dan masyarakat Kampung Air Besar. [monces]

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close