Olahraga

Hasil Perancis vs Argentina di Piala Dunia 2018 Skor Akhir 4-3

Para pemain Prancis merayakan gol yang dicetak Kylian Mbappe, ke gawang Argentina pada laga 16 besar Piala Dunia di Kazan Arena, Kazan, Sabtu (30/6/2018).

Babak pertama Perancis vs Argentina dalam 16 besar Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Rusia, Sabtu (30/6/2018) berakhir dengan skor 4-3.

Kylian Mbappe mencetak brace pada laga ini, sedangkan dua gol Perancis lain dicetak Antoine Griezmann dan Benjamin Pavard. Adapun tiga gol balasan Argentina masing-masing dicetak Angel Di Maria, Gabriel Mercado, dan Sergio Aguero.

Perancis mendapat peluang emas pada menit kesembilan. Bola hasil tendangan bebas Antoine Griezmann dari depan kotak penalti melewati pagar hidup peman lawan, namun hanya menerpa mistar gawang.

Les Blues kembali memperoleh momentum kala aksi individu Kylian Mbappe membahayakan pertahanan Argentina. Situasi ini memaksa Marcos Rojo menjatuhkan Mbappe secara paksa. Wasit menilai kejadian ini sebagai pelanggaran dan hadiah penalti pun ia berikan untuk Perancis.

Antoine Griezmann yang pada menit ke-13 tampil sebagai eksekutor menunaikan tugasnya dengan baik. Bola hasil sepakan kaki kiri punggawa Atletico Madrid itu mengarah ke kiri bawah dan mengecoh Franco Armani yang justru menjatuhkan badan ke arah sebaliknya. Skor menjadi 1-0.

Di menit ke-21 Perancis kembali mendulang momentum menambah gol. Pelanggaran Nicolas Tagliafico terhadap Mbappe di depan kotak penalti menghasilkan hadiah tendangan bebas dari posisi strategis. Sayangnya, Paul Pogba gagal mengeksekusi peluang dengan tenang. Bola hasil tendangannya melewati pagar hidup, tetapi melayang di atas sasaran.

Bertekad menambah gol, Perancis justru kebobolan pada menit ke-41. Dari luar kotak penalti, Angel Di Maria membidikkan bola dengan tendangan akurat ke sisi kanan. Kiper Perancis, Hugo Lloris tak mampu menjangkau bola dan bergetarlah gawang Les Blues. Skor menjadi 1-1.

Gol Di Maria sekaligus menjadi yang terakhir pada babak pertama. Skor tetap 1-1 hingga wasit meniup peluit tanda turun minum.

Tiga menit paruh kedua berlangsung, Argentina membalikkan kedudukan. Bola tendangan menyusur tanah Lionel Messi yang sejatinya kelewat lemah membentur kaki Mercado dan bebelok ke sisi kanan bawah. Lloris yang terlanjur mati langkah gagal menghalau bola melewati garis gawang. Skor menjadi 1-2.

Tak butuh waktu lama bagi Perancis untuk mengejar ketertinggalan. Di menit ke-57 umpan silang Blaise Matuidi mengarah tepat kepada Benjamin Pavard yang berdiri di depan ujung luar kotak penalti. Lewat sebuah sepakan kaki kanan, Pavard menghantam si kulit bundar dengan keras. Bola meluncur tajam ke sudut kiri atas gawang dan tak dapat dijangkau Armani. Skor 2-2.

Perancis bahkan mampu kembali unggul tujuh menit kemudian. Usai mengambil alih bola liar, Mbappe menusuk dan melepaskan tendangan dari sudut sepit di sektor kiri kotak penalti. Bola melaju deras ke tiang jauh dan tak kuasa dibendung Armani. Skor jadi 3-2.

Skuat asuhan Didier Deschamps makin di atas angin berkat gol kedua Mbappe pada menit ke-68. Kali ini, usai menerima umpan terobosan Olivier Giroud, dari sektor kanan kotak penalti pemain PSG itu membidikkan bola ke sisi jauh gawang yang tak mampu dijangkau Armani. Skor lagi-lagi berubah, kini menjadi 4-2.

Argentina sempat merespons pada injury time lewat gol pemain pengganti, Sergio Aguerro. Sang striker menyundul umpan silang Messi untuk menggetarkan gawang Perancis dan menjadikan skor 4-3.

Sayangnya, gol ini menjadi yang terakhir. Skor tetap 4-3 hingga akhir pertandingan dan Perancis berhak lolos ke perempat final.

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan (tirto.id)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close