HeadlineKabar Utama

Tim Awasdal Kodam XVIII/Kasuari Kunjungi Masjid Patimburak

Susana kunjungan Tim Awasdal Kodam XVIII/Kasuari ke Masjid tertua Patimburak.

FAKFAK- Masjid Tua Patimburak di Kampung Patimburak, Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat, merupakan wujud kerukunan beragama di wilayah selatan Papua ini.

Masjid Tua Patimburak yang dibangun oleh Raja Pertuanan Wertuar tahun 1870 ini unik karena arsitekturnya mirip dengan arsitektur gereja-gereja Eropa pada masa lampau dengan konsep filosofi ‘SATU TUNGKU TIGA BATU’

Warga Pertuanan Wertuar, baik yang memeluk agama Islam maupun Nasrani, bergotong royong membangun masjid itu tahun 1870. Satu Tungku Tiga Batu mengandung arti tiga posisi penting dalam keberagaman dan kekerabatan etnis di Fakfak. Satu tungku tiga batu artinya tungku tersusun atas tiga batu berukuran sama.

Ketiga batu ini, dalam satu lingkaran pada jarak tertentu sedemikian hingga posisi ketiganya seimbang untuk menopang periuk tanah liat. Tungku berkaki tiga membutuhkan keseimbangan. Jika satu dari tiga batunya rusak, maka tungku tidak dapat digunakan.

Nah, makna agama dalam konsep filosofi Satu Tungku Tiga Batu, bahwa ketiga batu itu dilambangkan sebagai tiga Agama yang sama kuat dan menjadi kesatuan yang seimbang untuk menopang kehidupan dalam keluarga.

Tiga agama ini yaitu Islam, Protestan dan Katolik. Anggota satu keluarga besar di Fakfak dan sekitarnya tidak jarang meliputi tiga agama berbeda, namun mereka tetap rukun dan damai.

Mereka tidak akan pernah terpengaruh oleh isu-isu, atau pun perselisihan terkait agama. Toleransi hidup beragama di Fakfak sangat kental dan tetap dipertahankan oleh masyarakat dan patut untuk dicontoh, sebagai bentuk keberagaman dan kebhinekaan yang ada di Indonesia.

Melihat dari toleransi antar umat beragama di Kabupaten Fakfak yang selama ini terjalin baik ini, maka Tim Astensi Pengawasan Pengendalian dan Evaluasi (Awasdal) Kodam XVIII/Kasuari melakukan kunjungan kerja ke Kodim 1706/Fakfak, Sabtu (30/6/2018) kemarin, berkesempatan mengunjungi Masjid tertua Patimburak.

Tim Awasdal yang terdiri dari, Asi Intel Kodam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Wahyu Handoyo, S.IP, Staf Ali Kodam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Fifin dan Pabandya Ning Kodam XVIII/Kasuari Kapten Arm Sapari setelah melakukan pemeriksaan internal satuan melakukan kunjungan ke Masjid Patimburak di Kampung Patimburak, Distrik Kokas. Disana tim melakukan silaturahmi dengan Imam Masjid serta tokoh masyarat setempat. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close