HeadlinePolitik

KPU Fakfak Sosialisasi Tata Cara Pencalonan Anggota DPRD

KPU Fakfak gelar tata cara pencalonan anggota DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota

FAKFAK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Fakfak mensosialisasi Tata Cara Pencalonan DPRD Kabupaten/Kota Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilu Tahun 2019, di ruang rapat Kantor KPU Fakfak, Selasa (3/7/2018) sore.

Ketua KPU Kabupaten Fakfak, Haerudin Kutanggas yang membuka acara tersebut mengatakan, sosialisasi ini sangat penting, karena akan memberikan gambaran awal dalam proses atau tahapan pencalonan anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota dalam Pemilu 2019.

“Hal ini mengacu pada PKPU Nomor 5 tahun 2018 perubahan atas PKPU Nomor 7 tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal. Apabila dalam sosialisasi nanti peserta diberikan kesempatan untuk bertanya, sehingga pada pencalonan nanti berjalan dengan baik,”ujarnya.

Sementara itu, Bupati Fakfak melalui Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Fakfak Suriyanto Muchramsya dalam sambutanya
mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini sangat penting dari seluruh rangakian, tahapan prosedur terkait dengan pelaksanaan pemilu legislatif di Kabupaten Fakfak pada tahun 2019,”ujarnya.

Menurut Suriyanto, sosialisasi ini pada prinsipnya mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tengan Pemilu yang rujukannya PKPU
Nomor 20 tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilu 2019.

PKPU tersebut, lanjut Suriyanto nantinya akan dijadikan pedoman KPU dalam melaksanakan tahapan pencalonan para dewan.

“Regulasi ini merupakan rambu, acuan pedoman terutama partai politik sebagai peserta pemilu untuk bagaimana tata cara, mekanisme terhadap proses pencalonan, anggota-anggota yang akan ikut dalam pesta demokrasi legislatif pemilu 2019 di Kabupaten Fakfak,”jelas Suriyanto.

Suriyanto berharap, peserta dapat mengikuti sosialisasi ini dengan baik sehingga proses tahapan pecalonan ini dapat berjalan dengan baik.

Sosialisasi ini dihadiri selain Ketua dan Anggota KPU Kabupapten Fakfak, juga Bawaslu, Asisten Bidang Admnistrasi Umum Setda Kabupaten Fakfak, mewakili Kepala Kesbangpolinmas dan perserta sosialisasi dari Parpol peserta Pemilu 2019. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close