EkonomiHeadline

Pujasera Tempat Kuliner Enak dan Murah di Fakfak Paling Pas Saat Lapar

Suasana di Pujasera Fakfak.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat yang juga kota perjuangan memang kerap dijadikan sebagai tempat singgah banyak orang. Entah itu tujuan berlibur, pekerjaan, dan urusan lainnya.

Bila kamu sedang berkunjung ke Fakfak tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner-kuliner lezat yang ada di kota ini, Gedung Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) merupakan tempat kuliner yang enak dan murah di Kabupaten Fakfak paling pas saat lapar.

Gedung kuliner milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Fakfak yang sudah termakan usia 18 tahun baru dibuka setelah Drs. Husien Bay, M.AP dilantik menjadi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat.

Pria asal Fakfak ini mempunya terobosan dengan kemampuan berpikirnya untuk membuka isolasi perikonomian bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kabupaten Fakfak khususnya pedagang warung makan yang terkena gusuran di sekitar gedung pujasera tepatnya di depan Pelabuhan Fakfak beberapa bulan lalu.

Pedagang warung makan ini akhirnya merasa legah, setelah mereka ditempati atau direlokasi ke gedung Pujasera oleh Pemda Kabupaten Fakfak sebagai pemilik dan dikelolah oleh Dinas Disperindag.

Husien mengatakan, dirinya berkomitmen memberdayakan pedagang warung dengan menyiapkan sistem yang bisa membantu mereka untuk menghidupi kembali warung mereka yang sudah sekian lama menganggur dampak terkena gusur.

“Menyangkut retribusi, kita belum terapkan karena harus melalui sebuah Peraturan Daerah (Perda), sementara Perda Retribusi Pujasera saat ini dalam proses penetapan dengan besaran satu tahun Rp 2.500.000 pertahun,”ujar Husein ditemui di gedung Pujasera, Minggu (15/7) malam.

Sementara lanjut dia, retribusi yang lain-lain belum diatur seperti retribusi jasa keamanan, jasa kebersihan, termasuk sewa lapak bermeter, harus diatur dalam Perda tersebut.

“Sedangkan terkait pembenahan gedung, semuanya dilakukan oleh kami Dinas Perindag, dan anda (wartawan,red) bisa melihat sendiri, sekarang gedung pujasera begitu indah ruangannya, nah, ini juga merupakan daya tarik para pengunjung,”kata Husein.

Husin berharap, dibukanya gedung ini sangat membantu warga yang jauh-jauh dari kampung dan bermalam di Kota Fakfak dan juga para penumpang kapal laut yang hendak mencari makan, Pujasera solusi dan terbaik dalam memberikan pelayanan.

“Disini tersedia ikan bakar lalapan, ayam bakar lalapan, ayam goreng lalapan, ayam rica-rica, ayam woku, ikan kua kuning/kua asam, kangkung cah, cap cae, nasi campur, nasi goreng, bubur manado, mie goreng dan udang goreng,”jelas Husein.

“Selain itu, juga tersedia minuman jus alvokat, jus sirsak, timun, jus jeruk, es manis, kopi hitam, teh manis, saraba, gohu pepaya dan lain-lain, juga menerima pesanan nasi kotak,”tambah Husein. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close