HeadlinePolitik

KPU Fakfak Selesai Verifikasi Administrasi Bacaleg

Suasana pendaftaran Bacaleg Parpol di kantor KPU Kabupaten Fakfak

FAKFAK, kabarfakfak.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Fakfak, sejak Rabu (18/7/2018) kemarin telah maraton melakuan verifikasi berkas dokumen ratusan bakal calon legislatif (bacaleg) yang telah didaftarkan oleh Partai Politik (Parpol) peserta pemilu.

Verifikasi ini melibatkan Komisioner dan Staf KPU Kabupaten Fakfak, juga LO Partai Politik dan pengawasan melekat oleh Bawaslu Kabupaten Fakfak.

Komisioner KPU Kabupaten Fakfak Devisi Tehknis, Hasanudin Rettob, S.Pdi mengatakan, sebanyak 320 bakal caleg dari 16 Parpol baru selesai diverifikasi Kamis (18/7/2018) kamarin.

“Dua hari kita maraton akhirnya selesai verifikasi juga,”ujar Rettob kepada media ini via ponselnya.

Menurut dia, kelengkapan berkas yang diperiksa mulai dari, surat keterangan bebas narkoba, surat keterangan sehat jasmani dan rohani, SKCK dari Kepolisian, hingga surat keterangan tidak pernah dipidana oleh pengadilan negeri. Selain itu, pihaknya juga memeriksa keabsahan ijasa yang dilampirkan oleh bacaleg.

 “Setelah verifikasi, kami akan melayangkan surat kepada masing-masing parpol untuk perbaikan berkas dokumen bakal caleg, yang sesuai dengan tahapan program dan jadwal yaitu selambat-lambatnya 21 juli mendatang,”jelasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close