HeadlineMetro Fakfak

Tim Wasev Mabesad Kunjungi Kodim Fakfak

Ketua Tim Wasev Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) Jakarta, Staf Ahli Kasad Brigjend TNI Marsudi Utomo, S Sos.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) dari Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) Jakarta, Staf Ahli Kasad Brigjend TNI Marsudi Utomo, S Sos dan Pabandya 2 Sdab Span III/Wanmil Sterad Letkol Arh Nova Mahanes Yudha tumpangi pesawat ATR 72-600 tiba di Bandara Torea Fakfak, Rabu (25/7/2018) pagi.

Kunjungan tim Wasev ini disambut Wakil Bupati Fakfak, Ir. Abaraham Sopaheluwakan, M.Si, Dandim 1706/Fakfak, Letkol Inf. Yatiman, A.Md, Kajari Fakfak, Firdaus, SH. MH, Danramil 01/Kota Kapten Inf. Kahar Kadir, Dantepbek Kapten CNA Ghupta Yadi, Dan Sub Den Pom Kapten CPM Ary S Yotefa dan Dan Unit Inteldim Lettu Inf Zainudin.

Selanjutnya, Tim Wasev berkunjung ke Kodim 1706/Fakfak guna menerima paparan penyelenggaraa TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -102, yang dihadiri selain Staf Ahli Kasad Brigjend TNI Marsudi Utomo dan Pabandya 2 Sdab Span III/Wanmil Sterad Letkol Arh Nova Mahanes Yudha dan Dandim 1706/Fakfak Letkol Inf. Yatiman, A.Md.

Juga hadir Asisiten Bidang Pemerintahan Setda Joko Purnomo, mewakili Bupati Fakfak, Tokoh Masyarakat dari Islam, Ali Hindom S.Pd, Tokoh Masyarakat dari Kristen Didimus Temongmere, Toloh Masyarakat dari Islam Drs. Mustaghfirin, M.Si, serta undangan lainnya.

Bupati Fakfak dalam sambutannya disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan Joko Purnono menyampaikan terima kasih kepada Babes TNI- AD dengan program yang positif untuk membantu membangun Kampung, dan memberdayakan Kampung.

“Kami pemerintah mengucapkan terimakasih dan programnya positif sekali, dilanjutkan terus hanya mungkin dalam pelaksanaannya terkendala dengan kurangnya koordinasi komunikasi merupakan hal biasa dalam organisasi dalam pelaksanaan tugas,”ujarnya.

Hal ini menurut dia, menjadi bahan masukan kepada pemerintah daerah untuk ke depan mengevaluasi sehingga TMND tahun 2019 menjadi lebih baik.

“Karena rencananya lokasi di Kampung Wartutin Distrik Wartutin akan menjadi lokasi sasaran TMMD berikutnya,”sebut Joko.

Ketua Tim Wasev Brigjend TNI Marsudi Utomo S.Sos dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas sambutan baik oleh Dandim beserta jajarannya maupun dari jajaran Pemda Kabupaten Fakfak serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Ketua Tim Wasev kepada tokoh masyarakat tokoh agama, dan yang lebih membanggakan bahwa situasi di wilayah Kabupaten Fakfak ini khususnya dengan beragam suku beragam agama tetapi kedamaian dan kerukunan bisa dijaga, ini yang harus dipertahankan.

“Pada kesempatan yang baik ini saya atas nama kepala staf TNI AD selaku PJO TMMD mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati dan SKPD atas dukungan yang telah diberikan terhadap program TMMD, juga kepada tokoh agama tokoh masyarakat tokoh pemuda dan seluruh komponen masyarakat atas dukungan serta partisipasinya dalam rangka mensukseskan pelaksanaan TMMD ke 102 TA 2018 dan juga media cetak dan elektronik yang telah mempublikasikan rangkaian kegiatan pelaksanaan TMMD,”ucapnya.

“Adapun maksud dari kedatangan saya dan staf adalah dalam rangka melaksanakan perintah Bapak Kasad Jenderal TNI Mulyono selaku penanggung jawab operasional TMMD guna melihat secara langsung Bagaimana pelaksanaan TMMD di lapangan untuk mendapatkan saran/masukan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan TMMD yang akan datang,”tambah Ketua Tim Wasev.

Dijelaskannya, TMMD merupakan bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementerian/LPNK, Pemda dan masyarakat sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di daerah-daerah.

“Program TMMD dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat dengan menggunakan proses bottom up planning system yang dilaksanakan secara komprehensif dan integral karena melibatkan semua unsur-unsur yang terkait dimulai dari tingkat desa/kelurahan s.d tingkat kabupaten/kota,”ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Tim Wasev mengajak Pemerintah Daerah, komponen lainnya serta masyatakat bersama-sama bergotong-royong selalu membantu untuk mensukseskan pelaksanaan TMMD ke 102 agar hasil pelaksanaannya dapat dimanfaatkan dan dinikmati oleh masyarakat dalam jangka panjang sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Akhirnya marilah kita memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa Semoga apa yang menjadi cita-cita kita semua terwujud masyarakat yang adil makmur dan sejahtera dapat dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha kuasa dan Semoga senantiasa diberikan petunjuk dan bimbingannya dalam melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan negara,”ucapnya.

Sementara itu, Dansatgas TMMD Letkol Inf. Yatiman, A.Md dalam pemaparannya bahwa, Kegiatan TMMD dimulai sejak 10 Juli hingga 8 Agustus 2018 mendatang dibagi 4 tahap yaitu, perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan tahap pengakhiran.

Sasaran fisik pada TMMD lanjut Dandim, yakni pembuatan tambatan perahu (59%) di Kampung Bisa, oembuatan Rumah Singgah (52%) di Teluk Patipi, dan pembuatan Lapangan Bola (65%)di kampung Bisa.

“Sasaran non fisik berupa penyuluhan pertanggung jawaban dana kampung, penyuluha Wawasan kebangsaan dan Bela Negara, penyuluhan Perkebunan, lenyuluhan Kamtibmas, penyuluhan Pertanian dan Peternakan, penyuluhan Perikanan dan Kelautan, pemutaran Film, Bakti Sosial (Bazar murah, Posyandu Pengobatan Massal), Olahraga Bersama dan Sasaran tambahan kandang kambing ukuran 3×9 meter berlokasi di Kampung Bisa,”jelasnya. [monces]

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close