HeadlinePojok Fakfak

Titik Batas Fakfak-Bintuni Diposisi Km 178 Jalan Strategis Nasional Papua Barat

Kepala Bappeda dan Litbang Fakfak, Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.TP beberapa waktu lalu melakukan perjalanan kunjungan lintas Kabupaten.

FAKFAK – Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Fakfak, Drs. Ali Baham Temongmere, MTP beberapa waktu lalu melakukan perjalanan kunjungan lintas Kabupaten bersama beberapa tokoh masyarakat, pada sekitar ruas jalan strategis nasional perbatasan Kabupaten Fakfak sampai pada batas Kampung Aroba dan Tofoi wilayah perbatasan Fakfak-Bintuni.

Dijelaskannya, awal perjalanan di mulai bersama rombongan pemerintahan Asisten Pemerintahan, Kepala Distrik Tomage dan Staf Ahli Bidang Politik dan Hukum,  dimaksudkan untuk melihat tampak titik perbatasan antara Kabupaten Fakfak dan Kabupaten Kaimana yang berada di sekitar kilometer 178 pada ruas jalan Hurimber-Bomberay-Bintuni, ruas jalan Trans Papua Barat.

Dilanjutkan dengan menelusuri sepanjang ruas jalan strategis nasional kearah Fruwata Kabupaten Kaimana dan ke arah wilayah Teluk Bintuni.

Kunjungan ini selain memastikan langsung batas wilayah Kabupaten Fakfak dengan Kabupaten Teluk Bintuni, sekaligus mengetahui jarak antar kabupaten tetangga yang nanti menjadi bahan pembahasan dalam penentuan batas wilayah yang difaslitasi oleh pemerintah provinsi Papua Barat yang hingga kini belum tuntas.

Dalam komentar kepala Bappeda dan Litbang Fakfak saat melakukan perjalanan disampaikan bahwa momen ini sangat penting dan bagian dari upaya memastikan batas wilayah yang masih belum tuntas.

“Saya mengukur sendiri batas yang sudah ditandai semula oleh pemerintahan bersama tokoh adat. Kalau kita perhatikan dengan jarak dan waktu perjalanan ternyata sangat dekat,”ujarnya.

Dikatakannya, bila di ukur dari kantor Distrik Tomage kearah Distrik Aroba Kabupaten Bintuni hanya berjarak 35,7 km dengan kondisi pengerasan jalan cukup baik. Sedangkan titik perbatasan yang sementara di pasang berada 19,9 km dari wilayah Fakfak atau pada koordinat 2°48’51,5″LS dan 133°12’14,7″BT Di ukur dari titik awal Kantor pelayanan Distrik (SP2) Tomage hingga titik perbatasan sementara yang telah ditentukan.

“Hal ini menjadi penting sebagai acuan dalam menentukan batas wilayah administrasi kedua kabupaten pada ruas jalan yang telah di bangun. Agar kedepan sudah dipastikan batas wilayah pelayanan masing-masing,”terangnya. [infobappeda.com/WA/monces]

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close