EkonomiHeadline

Wakil Bupati Fakfak Membuka Pelatihan Budidaya Rumput Laut

FAKFAK, kabarfakfak.com – Wakil Bupati Fakfak Ir. Abaraham Sopaheluwakan, M.Si resmi membuka pelatihan dan penyegaran untuk para pendamping, pengumpul dan petani budidaya rumput laut di gedung Pertanian Pemda Fakfak, Senin (6/8/2018) pagi kemarin.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Fakfak mengatakan, pertmuan atau rapat tersebut merupakan tindak lanjut pertemuan yang digelar di TPI Dulanpokpok.

“Terima kasih kepada hadirin yg telah hadir, ini merupakan tindak lanjut pertemuan kita pada saat di TPI Dulanpokpok, dan kalau bicara rumput laut peserta pasti sdh pengalaman, tapi teori pasti belum semua,”kata Wakil Bupati.

Menurut Wakil Bupati, jika rumput laut ditanam tetap tumbuh, akan tetapi mengenai kesuburan dan hasil tidak mungkin maksimal apabila ada hama, karena pola tanam di laut dan di darat adalah sama.

“Maka waktu tanam kita harus sesuaikan dengan cuaca kareba rumput laut juga tumbuh subur tergantung cuaca di darat, apalgi menanam pada curah hujan yang tinggi dapat menggangu perkembangan rmput laut,”ujarnya.

Dijelaskannya, menurut peninjauan pusat, Kabupaten Fakfak mempunyai warna rumput laut yang hijau merupakan kualitas tinggi di dunia.

“Secara alami rumput laut juga kawin dan berkembang biak maka ada warna hijau,coklat dan merah tidak semua warna hijau,”jelasnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati menghimbau agar aktifitas jonson di sekitar wilayah rumput laut juga hrus di kurangi.

“Karena jangan sampai ada oli atau bensin yang tumpah di laut sehingga dapat menganggu rumput laut dan dapat menurunkan produksi/ kualitasnya,”imbuh Wakil Bupati menambahkan mengenai harga tertinggi dan terendah rumput laut perlu dilakukan pengkajian.

Kegiatan tersebut digelar selama dua hari, mulai 6-7 Agustus 2018 oleh Dinas Pertanian Kabupaten Fakfak kerjasama dengan Bank Papua Cabang Fakfak dan Kalimajari [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close