HeadlinePojok Fakfak

Kebakaran Lahan Gambut di SP 4 dan Sp 6 Bomberay

Kebakaran Lahan Gambut atau alang-alang di SP4 dan Sp 6 Bomberay.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Di lokasi transmigrasi SP 4 dan Sp 6 Distrik Bomberay, Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat, Senin (13/8/2018) lalu sekitar pukul 16.24 WIT telah terjadi kebakaran lahan gambut atau rumput alang-alang.

Informasih yang diperoleh media ini bahwa, sebelumnya, telah terjadi kebakaran lahan gambus di SP 4 kampung Mekar Sari Distrik Bomberay sekitar pukul 13.45. WIT, namun api belum sempat meluas dan api berhasil di padamkan oleh  warga masyarakat  bersama-sama Anggota Polsek Bomberay mengingat letak kebakaran tidak jauh berjarak dengan kantor Polsek Bomberay.

Pada pukul 19.00 WIT,  telah di ketahui adanya kebakaran pada titik kedua yang berada di lahan gambut Sp 6 dengan grafik angin yang sangat kencang sehingga api dapat menjalar dengan cepat menuju arah yang berlawanan dengan  pemukiman penduduk khususnya kampung Bumi Moroh Indah  Distrik  Bomberay.

Upaya pemadaman dilakukan oleh warga setempat bersama Anggota Polsek Bomberay. Namun api sangat membesar  sehingga belum berhasil di padamkan.

Api berhasil dipadamkan pada pukul 01.00 WIT dinihari, Selasa (14/8/2018) oleh warga setempat bersama Anggota Polsek Bomberay yang dipimpin langsung Kapolsek Bomberay Ipda Wawan Kurnadi, S.Tr.K.

Kebakaran terjadi disebabkan musim kemarau telah melanda Distrik Bomberay dan Distrik Tomage sudah 3 bulan, sementara Letak geografi Distrik Bomberay dan Distrik Tomage Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat merupakan wilayah dataran rendah dan berlahan padang gambut atau alang-alang, sehingga musim kemarau daerah setempat mengalami kekeringan dan menjadi ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close