HeadlineHukum & Kriminal

Jika Jaksa Tak Berikan BAP Terdakwa, La Iriani : Sidang Tidak Bisa Dilanjutkan

La Iriani, SH.

FAKFAK, kabarfakfak.com – La Iriani, SH salah satu Penasihat hukum (PH) terdakwa kasus dugaan pembunuhan Maria Sudiana Anggriani, mengingatkan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) agar segera memberikan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) terdakwa sebelum sidang lanjutan Rabu (29/8/2018) mendatang.

Jika BAP belum diserahkan ke PH terdakwa, maka tegas La Iriani sidang lanjutan dengan agenda pengajuan eksepsi atau keberatan oleh PH Terdakwa tidak bisa dialanjutkan.

“Kalau tidak ada maka kami keberatan lanjutkan sidang,”tagas La Iriani didampingi dua rekan PH, Munajir Kaimuddin, SH, dan Suriadi, SH ditemui media ini usai sidang perdana kasus pembunuhan Sudiana di Pengadilan Negeri Fakfak, Kamis (23/8/2018) sore kemarin.

Menurut La Iriani, Pasal 143 ayat 4 KUHAP telah jelas menekankan bahwa, turunan surat pelimpahan perkara beserta surat dakwaan disampaikan kepada tersangka atau kuasanya atau penasihat hukumnya dan penyidik, pada saat bersamaan dengan penyampaian surat pelimpahan perkara tersebut ke pengadilan negeri.

“Ini perintah dari KUHAP dan wajib kami dapat, karena ancaman hukuman untuk terdakwa cukup berat,”ujar La Iriani.

Sebelumnya, lanjut dia, telah mengajukan surat ke Kejaksaan Negeri Fakfak untuk meminta berita acara tersebut, namun belum ada tanggapan dari Kejaksaan.

“Kami juga pernah ajukan surat ke kejaksaan, tapi sampai sekarang tidak ada tanggapan, maka kami tadi ajukan keberatan ke majelis,”kata La Iriani. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close