HeadlineHukum & Kriminal

Sidang Kasus Pembunuhan Sudiana, Penasehat Hukum Terdakwa Ajukan Eksepsi

Suasana sidang perdana pembunuhan Sudiana di Pengadilan Negeri Fakfak (dok KF)

FAKFAK, kabarfakfak.com – Penasehat Hukum terdakwa Net (44) mengajukan eksepsi atas dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada sidang lanjutan kasus mutilasi dengan korban Maria Sudiana Anggrianto (64) di kediaman Jalan Kokas, Kelurahan Fakfak Utara, Distrik Fakfak Kabuapaten Fakfak 27 Februari 2018 lalu.

Dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Fakfak, Rabu (29/8/2019) Terdakwa Net didampingi 3 orang pengacara yakni, La Iriani, SH, Munajir Kaimuddin, SH dan Suriadi, SH.

Sidang dipimpin Majelis Hakim, yang diketuai Thobias Benggian, SH, Hakim Anggota, Irvino, SH dan Agus Eman, SH. MH. Hadir JPU, Muji Ahmad Muthaqin, SH. MH (Kasi Pidum), dan Maria R.D.J. Masela, SH (Kasi Datun).

Dalam eksepsinya, yang dibacakan penasehat hukum, Suriadi, SH antara lain  menyatakan dakwaan JPU tidak memenuhi unsur sebagai akte yang sempurna atau surat dakwaan tidak valid karena telah daluarsa dan atau telah salah tanggal dakwaannya, sehingga berakibat hukum pada pembatalan surat dakwaan tersebut.

“Menyatakan dakwaan jaksa penuntut umum terhadap terdakwa tidak memenuhi syarat, dengan demikian dakwaan tersebut adalah batal demi hukum,”ujar Suriadi.

Selain itu, memerintahkan JPU menyerahkan turunan berkas pelimpahan perkara untuk melaksanakan ketentuan pasal 143 ayat 4 KUHAP, dan menyatakan dakwaan Penuntut Umum tidak diterima.

“Membebaskan terdakwa dari segala dakwaan, dan memulihkan nama baik terdakwa pada keadaan semula, serta membebaskan biaya yang timbul
dalam perkara ini kepada negara,”tuturnya.

Berdasarkan urain eksepsi tersebut, Penasehat Hukum memohon kepada majelis hakim yang mulia untuk menyatakan putusan menerima eksepsi
atau kebaratan terdakwa.

Sidang akan kembali digelar Rabu (5/9/2018) dengan egenda tanggapan JPU terhadap Eksepsi Penasehat Hukum terdakwa. [monces]

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close