HeadlineMetro Fakfak

Ribuan Umat Katolik Hadiri Perayaan Syukur 40 Tahun Imamat Pastor Yohanis Warpopor & 15 Tahun Thabisan Uskup KMS Mgr Hilarion Datus Lega

Perayaan Syukur Diawali Napak Tilas Masuk Agama Katolik di Kabupaten Fakfak

Perayaan Ekaristi Syukuran 40 tahun Imamat Pastor Yohanis Warpopor, Pr dan 15 tahun Thabisan Uskup KMS Mgr. Hilarion Datus Lega, Pr di lapangan Kampung Sungai Gewerpe diawali Napak Tilas masuk Agama Katolik di Kabupaten Fakfak.

FAKFAK – Lebih dari 5000 umat katolik di 4 Paroki se-Tim Pastoral Wilayah (TPW) Keuskupan Manokwari-Sorong (KMS) mengikuti perayaan Ekaristi Syukuran 40 tahun Imamat Pastor Yohanis Warpopor, Pr dan 15 tahun Thabisan Uskup KMS Mgr. Hilarion Datus Lega, Pr di lapangan Kampung Sungai Gewerpe, Distrik Fakfak, Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat, Minggu (9/9/2018).

Perayaan ini diawali dengan Napak Tilas 124 tahun masuknya Agama Katolik di Kabupaten tertua yang memiliki budaya atau filosofi “Satu Tungku Tiga Batu” yang melambangkan agama keluarga ini.

Tarian Sawat yang dipersembahkan oleh perwakilan umat islam dari Kampung Pasir Putih dan Pirma.

Napak Tilas sesuai perjalanan misionaris Pastor C. LE cocq Ardmanfile diawali dari Kampung Sekroe, Distrik Pariwari Kabupaten Fakfak pantai turun-turun Pasantren.

Dipantai itu penjemputan Pastor C. Le Cocq Ardmanfile membawa salib dan benda-benda kudus lainnya dan melakukan koordinasi dengan umat islam yang ada di Sekroe, yakni Marga Serkansa dan Marga Samai.

Dan menyerahkan marga-marga didaerah yang belum memeluk agama yang saat ini telah ada gereja Stasi Santo Petrus Torea Paroki Santo Paulus Wagom Fakfak dan disitu dilakukan pembaptisan 73 orang anak, setelah itu diarahkan ke pulau Bone.

Drum Band SMP Santo Donbosco Fakfak.

Di pulau itu dilakukan prosesi adat dan doa di lokasi sumur tua dan rencana pembangunan Patung Kristus Raja di pulau Bone.

Dari pulau Bone, umat kembali ke kampung Gewerpe yang dilanjutkan perayaan Ekaristi syukur 40 tahun Imamat Pastor Yohanis Warpopor, Pr, dan 15 tahun Thabisan Uskup Keuskupan Manokwari-Sorong Mgr. Hilarioan Datus Lega, Pr.

Menarik dari Napak Tilas ini, Uskup Keuskupan Manokwari-Sorong Mgr. Hilarioan Datus Lega, Pr dan Pastor Yohanes Warpopor, Pr dan rombongan setelah tiba di tanjung Sorpea Sebrang Distrik Fakfak Tengah dari Pulau Bone disambut oleh tarian Sawat yang dipersembahkan oleh perwakilan
umat islam dari Kampung Pasir Putih dan Pirma yang menari dengan irama musik.

Tarian tersebut biasanya digunakan untuk penjemputan tamu sembari diiringi Drum Band SMP Santo Donbosco Fakfak menuju kediaman Januaris Warpopor di Kampung Sungai Gewerpe untuk istirahat sejenak.

Uskup Keuskupan Manokwari-Sorong Mgr. Hilarion Datus Lega, Pr dan Imamat Pastor Yanuarius Warpopor didamping para Imam diantar Misdinar dan tarian Sawat yang diiringi nyanyian Religi oleh remaja masjid Kampung Pasir Putih dan Pirma menuju lapangan kampung Sungai Gewerpe tempat dilaksanakan perayaan tersebut.

Setelah itu, Uskup Keuskupan Manokwari-Sorong Mgr. Hilarion Datus Lega, Pr dan Imamat Pastor Yanuarius Warpopor didamping Pastor 4 Paroki diantar Misdinar dan tarian Sawat yang diiringi nyanyian Religi oleh remaja masjid Kampung Pasir Putih dan Pirma menuju lapangan kampung Sungai Gewerpe, tempat dilaksanakan perayaan Ekaristi Syukuran yang dipimpin Uskup Mgr. Hilarion Datus Lega, Pr.

Nampak hadir dalam perayaan tersebut Asisten Bidang Perikonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Fakfak, Charles Kambu, S.Sos. M.Si atas nama Bupati,,Ketua Klasis GKI Fakfak, Pendeta Doli Kabes, S.Th, Ketua BPK GPI Papua Fakfak Pendeta U. Kuhuwor.

Hadir juga Ketua Pengurus Cabang (PC) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Fakfak Ali Hindom, S.Pd, Kasdim 1706/Fakfak, Mayor Inf. Wahlin Rahman, S.Pd.

Suasana tamu, undangan yang hadir dalam perayaan tersebut.

Ketua PHBK Marcel Rahamitu, Ketua Dewan Paroki St. Paulus Fakfak, Drs. Freddy Thie, Ketua St. Yosep Fakfak, Silvester Sia, dan Ketua DPRD Fakfak, Siti Rahma Hegemur, ST serta undangan lainnya.

Pengamanan perayaan tersebut dilakukan oleh Satuan Lalu Lintas Polres Fakfak, anggota Kodim 1706/Fakfak, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dan Gerakan Pemuda (GP) Ansor.

Suasana pengamanan perayaan tersebut dilakukan oleh Satuan Lalu Lintas Polres Fakfak, anggota Kodim 1706/Fakfak, Banser dan GP Ansor.

Syukuran ini dimeriahkan tarian Titir Kaloborasi anak-anak SEKAMI dibawa pimpinan Freddy Warpopor.

Syukuran ini dimeriahkan tarian Titir dan Tumor Kaloborasi anak-anak SEKAMI dibawa pimpinan Freddy Warpopor.
Suasana pemotongan kue Ulang Tahun oleh Pastor Yohanis Warpopor, Pr dan Uskup KMS Mgr. Hilarion Datus Lega, Pr.

Diketahui bahwa, Agama Katolik di kabupaten Fakfak diperkenalkan oleh Pastor C. Le Cocq Ardmanfile, SJ (hidup tahun 1846-1896), Pastor Le Cocq tiba di Fakfak pada tanggal 22 Mei 1894, beliau mendarat di daerah Kampung Sekroe yang mana masyarakat di kampung itu sudah memeluk agama Islam, dan oleh masyarakat di kampung Sekroe ini Pastor Le Cocq diminta untuk memperkenalkan agama Katolik buat saudara-saudara mereka yang tinggal di gunung, pastor Le Cock kemudian membaptis 73 anak, di antaranya Markus Homba-homba, dan keturunan dari mereka inilah yang menetap di Stasi Santo Petrus Torea Paroki St Paulus Wagom.

Begitulah sejarah ringkas masuknya agama katolik di Fakfak. Sehingga pada waktu perayaan Napak Tilas masuknya agama katolik di Fakfak, umat islam di kampung Sekroe juga turut merayakannya. [Salmon Teriraun/HP. Papua barat Pos]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close