HeadlinePolitik

KPU Fakfak Tetapkan 317 DCT Anggota DPRD Kabupaten Fakfak

Suasana penetapan DCT Anggota DPRD Kabupaten Fakfak dalam Pemilu tahun 2019.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Fakfak menetapkan 317 orang sebagai Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Kantor KPU setempat, Kamis (20/9/2018) siang kemarin.

Semula sesuai pendaftaran 320 peserta Bakal Calon Legislatif, setelah ferivikasi berkas dilakukan ternyata tiga orang tidak memenuhi syarat sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Penetapan DCT ditandai dengan penandatangan berita acara oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Fakfak dan diserahkan kepada Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Fakfak.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Fakfak Dihuru Dekry Radjaloa, SP mengatakan, penetapan DCT anggota DPRD Kabupaten Fakfak sesuai amanat Undang-Undang No 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum.

“Kemudian Peraturan KPU No 20 tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD   Kabupaten/Kota, dan Peraturan KPU No 5 tahun 2018 tentang tahapan, program dan jadwal pemulu tahun 2019,”ujar Dekry didampingi Anggota Komisioner Herman Bugis, SH dan Hasanudin Rettob, S.Pdi dan Sekretaris KPU Kabupaten Fakfak, Azisa Arifuddin, SE.

Dekry menyampaikan terima kasih kepada Parpol, juga Bawaslu, sehingga semua tahapan mulai dari pendaftaran bakal calon legislatif, verifikasi, penetapan Daftar Calon Sementara (DCS), hingga pada penetapan DCT berjalan dengan baik.

“Saya berharap semua tahapan pelaksanakan pemilu 2019 dapat kita lalui bersama dengan baik,  hingga menghasilkan putra-putri terbaik mewakili masyarakat di parlemen,”pintanya.

Bupati Fakfak dalam sambutannya disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Fakfak, Joko Purnomo mengharapkan kepada pihak KPU, Parpol agar melaksanakan pemulu dengan baik.

“Hentikan itu berita-berita bohong, hentikan itu caci maki, walaupun di dunia maya sekarang ini sudah merajalela terkait politik, jangan ikut-ikutan politik di pusat, mari kita pikirkan bagaimana pemilu ini menghasilkan keterwakilan rakyat di DPRD tujuannya membangun daerah ini lebih maju berkembang,”pintanya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Fakfak, Yan Piet Kambu menyampaikan apresiasi karena semuaa tahapan mulai pendaftaran hingga
penetapan berjalan dengan baik.

“Walaupun ada beberapa kekurang-kekurangan, tapi itu sudah dapat kita benahi bersama,”ujarnya sembari berharap penyelenggara pemilu dan juga
Parpol dalam melaksanakan pemilu dengan baik sesuai aturan, sehingga tidak bersengketa. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close