HeadlineMetro Fakfak

Indikasi Ikan Berformolin Beredar, Wakil Bupati : Muda-Mudahan Saya Bisa Tangkap Pelakunya

Wakil Bupati Fakfak Ir. Abraham Sopaheluwakan, M.Si mendengar penjelasan seputar perdagangan dari Kadisperindaf dengan stafnya.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Wakil Bupati Fakfak Ir. Abraham Sopaheluwakan, M.Si mengingatkan masyarakat Fakfak agar waspada membeli ikan, karena terindikasi ikan berformalin beredar.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati dalam sambutannya pada acara pelatihan pengembangan kapasitasi pranata pengukuran, standarisasi, pengujian dan kualitas yang digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Fakfak di Meeting Room Hotel Grand Papua Fakfak, Senin (1/9/2018) lalu.

“Ikan ini sudah ada indikasi formalin, tapi kita belum tangkap, muda-mudahan saya bisa tangkap. Muda skali sebenarnya dengan mata kita lihat saja kalau lalat sudah tidak ada di ikan, itu berarti sudah pakai barang pengawet, itu sederhana saja,”ujar Bram sapaan akrabnya.

Wakil Bupati dengan raut wajah yang begitu bercanda bertanya kepada peserta pelatihan, “Mama-mama, ikan mata merah ka biru,”tanya Wakil Bupati sembari dijawab peserta bahwa, ikan matanya buru, “Kalau ikan mata merah berarti, su tau sudah, dia (ikan) jadi suanggi sudah itu,”lanjut Bram sembari peserta tertawa.

Wakil Bupati berharap kepada masyarakat terutama mama-mama yang menjual abon ikan agar berhati-hati membeli ikan untuk membuat abon ikan, sebab cita rasa ikan abon yang berformalin akan berbeda, yang akan berdampak pada konsumen atau masyarakat yang membelinya.

“Saya minta dinas perindag harus jelih melihat hal ini, sering melakukan pengawasan atau penertiban. Lihat saja, kalau sampai lalat sudah tidak hinggap di ikan berarti, itu bahan pengawet, sebab lalat takut mati, padahal lalat hanya sandar di badan ikan saja, dia tidak gigit ikan, tapi karena lalat sudah tau ikan berformalin, langsung dia sei,”kata Bram tersenyum. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close