HeadlineKesehatan

Wakil Bupati : Fakfak Indikasi Menuju Busung Lapar

Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Wakil Bupati Fakfak Ir. Abraham Sopaheluwakan, M.Si menyatakan, Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat terindiikasi menuju busung lapar.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati pada pembukaan Muscab Ikatan Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Kabupaten Fakfak di gedung Windert Tuare Fakfak, Jumat (5/10/2018) pagi kemarin.

“Saya hanya pesan untuk saudara-saudara bahwa, kita sudah ada indikasi menuju busung lapar atau kurang gisi kalimat krenya kurgis, saya akan cek, sebab informasih sudah masuk ke saya,”ujar Wakil Bupati Bram Sopaheluwakan.

Untuk itu, Wakil Bupati berharap, instansi terkait dalam hali ini Dinas Kesehatan segera memperhatikan persoalan tersebut.

“Saya berharap dinas kesehatan harus segera memperhatikan hal ini, karena teman-teman di kesehatan di masyarakat cenderung dilapangan paling banyak, jadi tolong diteksi dengan baik,”pinta Bram sapaan akrbnya.

Saat kejadian busung lapar di Asmat Papua, Wakil Bupati pernah menanyakan ke instansi terkait apakah busung lapar juga ada di Kabupaten Fakfak, namun jawaban tidak ada hanya ada kurang gisi.

“Yang jelas begitu kejadian asmat terjadi saya tanya teman-teman di kesehatan, Fakfak bagaimana? Jawab, tidak ada bapak, tapi kurang gisi ada, namun saya minta data sampai sekarang tidak dikasih juga,”kata Bram mengisahkan.

Waki Bupati menyarankan kepada instansi terkait agar segera melakukan deteksi dini sebelum busung lapar terjadi, gunakanlah Biaya Operasional Kesehatan (BOK) guna memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Ada dana BOK, nah, itu dimanfaatkan, jangan takut menggunakan dana itu, teman-teman takut gunakan, karena mungkin dana BOK tahun lalu disalahgunakan,”ujarnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close