HeadlineKesehatan

Gondo Suprapto : Kalau Ada Gizi Buruk di Fakfak Bukan Kurang Makan, Tapi Faktor Keturunan

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak, Gondo Suprapto.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak Gondo Suprapto mengatakan, gizi buruk atau kurang gizi bukan karena kekurangan makan tetapi banyak faktor diantaranya, faktor penyakit keturunan.

“Gizi buruk dan kurang gizi itukan banyak faktor, bukan saja masalah makanan, tapi faktor keturunan,” ujar Gondo Suprapto ditemui media ini usai peresmian pengoperasian peswat udara Rimba Air, Senin (8/10/2018) pagi kemarin.

Selain itu, lanjut dia, ibu hamil saat melahirkan Bayi Berat Lhir Rendah (BBLR), lahir pramatur, artinya kurang dari 9 bulan Ibu hamil sudah melahirkan.

“Nah, hal-hal ini perlu diperhatikan dengan baik oleh ibu-ibu hamil, selalu melakukan pemeriksaan rutin ke Puskesmas, atau Posyandu terdekat, agar berat badan anda (ibu,red) dan janin terkontrol serta cukup istirahat dan tidur,”pintanya.

Penyampaian Plt Kepala Dinas Kesehatan ini sekaligus menjawab pernyataan Wakil Bupati Fakfak saat memberikan sambutan pada pembukaan Muscab Ikatan Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) di gedung Winder Tuare Fakfak, Jumat (5/10) lalu bahwa Fakfak Indikasi Busung Lapar atau gizi buruk.

“Saya pernah dilapori kurang gizi, kita datangi, tidak seperti kita bayangkan, ternyata anaknya masih lari-lari, tapi memang ada, kasus per kasus dibawa ke RSUD, tapi riwat penyakitnya, berat badan lahir rendah,”jelasnya.

Kepada ibu-ibu hamil, jangan pernah anggap sepele jika saat hamil anda mengalami anemia, fisik lemah, muda pingsang, tidak bugar dan sering sakit. Ini bisa berarti signal tubu untuk mengabarkan bahwa anda kurang gizi.

Untuk itu segera perbaiki pola makan, kekurangan gizi saat hamil bisa mendatangkan resiko, diantaranya pertumbuhan janin dalam kandungan kurang baik, janin meninggal, lahir prematur, atau menderita kelainan pada syaraf pusatnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close