HeadlinePolitik

KPU Fakfak Keluarkan 416 Pemilih Invalid

Suasana rapat pleno terbuka penetapan DPTHP-2 tingkat Kabupaten Fakfak dalam Pemilu 2019.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Fakfak mengeluarkan 416 Pemilih Invalid artinya pemilih yang tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kartu Keluarga (KK).

Ketua KPU Kabupaten Fakfak Dihuru Dekry Radjaloa, SP mengatakan bahwa, 416 pemilih invalid ini dilakukan setelah pencermatan dan penilitian yang dilakukan oleh PPD dan PPS pada saat melakukan gerakan melindungi hak pilih (GMHP).

“Dengan dasar itu maka KPU Kabupaten Fakfak melalui rapat pleno DPTHP-2 tingkat Kabupatem Fakfak mengeluarkan 416 pemilih dari jumlah DPTHP -1 sebanyak 52.308 pemilih, dimana pemilih laki-laki 26.555 dan pemilih perempuan 25.753 pemilih,”ujar Dekry sapaan akrabnya ditemui Papua barat Pos usai usai rapat pleno terbuka penetapan DPTHP-2 di Kantor KPU Kabupaten Fakfak, Selasa (13/112018).

Menurut Dekry, 416 pemilih invalid itu akan direkap dalam format model AC KPU, dan direkap secara berjenjang ke KPU Provinsi dan seterusnya ke KPU Pusat. Setelah itu, lanjut Dekry akan diserahkan ke Departemen Dalam Negeri (Depdagri) guna diteliti identitas mereka.

“Jadi apabila identitas mereka sudah valid, maka bisa masuk dalam daftar pemilih tambahan atau daftar pemilih khusus,”jelas Dekry. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close