HeadlineMetro Fakfak

Kementrian Agama Luncurkan Kartu Nikah Bentuk ATM

Contoh Kartu Nikah

FAKFAK, kabarfakfak.com – Kementrian Agama Republik Indonesia telah meluncurkan atau menerbitkan Kartu Nikah, sejalan dengan peluncuran Sistem Informasi Manajemen Nikah Berbasis Website, Simkah Web. Hal ini berdasarkan Peraturan Manteri Agama RI Nomor 19 tahun 2018, tentang pencatatan perkawinan.

“Nah, kita di Fakfak pemberlakukan Kartu Nikah, akan di terapkan awal tahun 2020 mendatang, yang nantinya, kartu nikah ini akan berbentuk seperti ATM, dan bukan lagi seperti buku nikah saat ini,”ujar Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Distrik Fakfak Yanto Sarwadan, Rabu (14/11/2018) pagi kemarin.

Sarwadan menjelaskan, yang melatarbelakangi diterbitkannya Kartu Nikah oleh Kementrian Agama RI adalah kerena bentuknya lebih efisien, sehingga memudahkan bagi pasangan suami istri apabila hendak berpergian keluar daerah tanpa harus membawa buku nikah.

“Bentuk dari kartu nikah atau sampel kartu nikah berbentuk persegi panjang dengan warna dasar hijau dengan campuran kuning bagian atas kartu, bertuliskan kop Kementerian Agama, di bawah kop Kementerian Agama, terdapat dua kotak untuk foto pasangan suami istri serta di bawah dua kotak tersebut dipasang barkode,”jelasnya.

Menurut Sarwadan fungsi dan kegunaan dari kartu nikah, bagi pasangan suami istri adalah sebagai tambahan informasi dalam rangka agar lebih memudahkan setiap warga masyarakat untuk bila suatu saat diperlukan data-data kependudukan dan status perkawinan.

“Sebelum diberlakukannya Kartu Nikah di Kabupaten Fakfak, terlebih dahulu pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat yang ingin melakukan pernikahan tentang fungsi dan kegunaan dari kartu nikah tersebut,”tandasnya. [monces]

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close