HeadlineMetro Fakfak

Akhirnya Palang Kampus Polinef Dibuka

Suasana Prosesi adat pembukaan palang kampus Polinef
Suasana prosesi adat untuk prmbukaan palang Kampus Polinef.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Semua pihak akhirnya bisa bernafas lega. Pasalnya, pemalangan Politeknik Negeri Fakfak atau Polinef yang berlokasi di Air Merah yang telah berlangsung sejak 22 Oktober 2018 lalu, Kamis (15/11/2018) sore akhirnya dibuka oleh keluarga La Pende Weripih.

Proses pembukaan palang yang disaksikan oleh jajaran Forkompimda, pimpinan Dewan Adat Mbaham Matta, serta keluarga pemilik ulayat ini, merupakan hasil positif dari rapat adat yang digelar oleh Dewan Adat Mbaham Matta di Kampus “Air Merah” Politekni Negeri Fakfak, karena adanya permasalahan tanah adat.

Sebelumnya, para tamu yang hadir memberikan tombormag atau sedekah secara sukarela, hingga terkumpul 2.500.000, sebagai tanda pelepasan palang.

Terhadap permasalahan tanah adat, rapat adat yang dipimpin oleh Hakim Peradilan Adat Dewan Adat Mbaham Matta, Jubair Hobrow, memutuskan bahwa, permasalahan itu akan diselesaikan oleh dewan adat.

Selama masa pemalangan, ratusan mahasiswa tidak bisa memasuki area Polinef, sehingga perkuliahan terpaksa dilakukan di dua lokasi berbeda, yakni di bekas Restoran Ubadari dan di Balai Diklat milik pemerintah daerah. Meski begitu, sebagaian besar mahasiswa memilih “libur”.

Informasinya, perkuliahan di Kampus “Air Merah” ini akan dilakukan Senin (19/11/2018) mendatang.

“Alhamdulillah, palangnya sudah dibuka. Perkuliahan insya Allah mulai Senin sudah di kampus lagi,” ujar Deisya Al Hamid, salah seorang dosen Polinef. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close