EkonomiHeadline

Pagi Tadi, Wakil Bupati Fakfak Resmi Buka Forum Investasi

Suasana pembukaan Forum Investasi Kabupaten Fakfak

FAKFAK, kabarfakfak.com – Wakil bupati Fakfak Ir. Abraham Sopaheluwakan, M.Si resmi membuka forum investasi Kabupaten Fakfak di Meeting Room Hotel Grand Papua Fakfak, Kamis (22/11/2018) pagi tadi.

Forum investasi memgusung ini tema “Strategi Mewujudkan Fakfak Layak Investasi dan Pengembangan Potensi Daerah Guna Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Fakfak”

Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengatakan bahwa, iklim investasi yang baik akan meningkatkan daya tarik daerah yang berujung pada tingginya minat investasi dan tingkat investasi yang direalisasikan

“Tetapi pada kenyataannya tingkat investasi yang diharapkan ini sulit untuk dicapai karena tingginya kriminalitas dan kenyamanan usaha, keterbatasan investor, minimnya prasarana jalan ketersediaan sumber energi dan sarana komunikasi,”ujar Bram sapaan akrabnya.

Upaya mewujudkan iklim investasi yang kondusif dan berdaya saing,, diperlukan kesamaan pemahaman pandangan dan langkah dari para pemangku kepentingan pengembangan ekonomi di Kabupaten Fakfak.

“Adanya sinergitas dari para pemangku kepentingan ini merupakan pondasi yang kuat dalam penciptaan iklim investasi yang berdaya saing,”pintanya.

Bram berharap melalui forum ini melahirkan komitmen untuk menciptakan Fakfak layak investasi dengan iklim investasi yang sehat kondusif dan berdaya saing.

“Saya menghimbau kepada seluruh pemangku kepentingan pengembangan investasi di Kabupaten Fakfak agar senantiasa berupaya menciptakan iklim yang kondusif bagi terciptanya daya tarik ekonomi daerah serta realisasi tingkat investasi bagi percepatan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Fakfak,”pintanya.

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Fakfak, Drs. Marthen Idie, M.Si mengatakan bahwa, investasi daerah merupakan kekuatan utama dalam menjalankan Pembangunan Daerah maka pemerintah daerah bertekad melakukan berbagai usaha untuk menciptakan iklim investasi.

“Mewujudkan Kabupaten Fakfak layak investasi maka diibenahi beberapa faktor dalam menciptakan iklim investasi yang kondusif antara lain masalah tanah, masalah palang memalang, masalah infrastruktur, jaminan Kepastian Hukum dan Keamanan, masalah perizinan usaha dan kepastian pajak retribusi, regulasi daerah,”ujarnya.

Pemateri atau Narasumber berasal dari Direktur Pengembangan Usaha BKPM RI Randi Anwar, Kepala DPMPTSP Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel), Muhammad Tafsir, Sekretaris Bappeda dan Litbang Kabupaten Fakfak, Eksan Musaad dan Staf Khusus Bupati Fakfak Bidang Ekonomi Investasi Yoel Rohrohmana.

Rapat tersebut dihadiri Direktur Pengembangan Usaha dan Kepala Sub Direktorat kemitraan Usaha, Kepala DPMPTSP Kabupaten Bantaeng, Kapolres Fakfak yang diwakili, Sejumlah Kepala OPD, Para Kepala Distrik, Para Raja, Tokoh Adat, Perbankan serta undangan laiinya.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Fakfak menyerahkan cenderamata kepada Direktur Pengembangan Usaha BKPM RI, Kepala Sub Direktorat kemitraan Usaha dan Kepala DPMPTSP Kabupaten Bantaeng Sulsel. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close