HeadlineMetro Fakfak

Pemda Fakfak Dituntut Keseriusannya Terkait PAD

Fraksi GKBIR DPRD Kabupaten Fakfak

FAKFAK, kabarfakfak.com – Memperhatikan Postur RAPBD 2019, Fraksi Golongan Karya Bintang Indonesia Raya (FGKBIR) DPRD Kabupaten Fakfak mengapresiasi penetapan target penerimaan pendapatan daerah pada Tahun 2019 sebesar Rp 1.198.802.082.558,42.

Dimana pendapatan daerah tersebut akan diperoleh dari kontribusi tiga sumber utama penerimaan pendapatan daerah yakni, Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar 5,5 persen dana perimbangan sebesar 63,98 persen dan lain-lain PAD yang sah sebesar 30,46 persen.

Hal itu disampaikan Anggota F-GKBIR DPRD Kabupaten Fakfak Drs. Izak Patanduk dalam pemandangam umum Fraksinya terhadap RAPBD 2019 dan Raperda Inisiatis DPRD Kabupaten Fakfak tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani di Gedung Sidang Dewan, Rabu (21/11/2018) sore kemarin.

“Rendahnya kontribusi pendapatan asli daerah terhadap pendapatan daerah menunjukan bahwa derajat kapasitas Fiskal daerah masih sangat lemah sehingga belum dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan daerag”ujar Izak.

Untuk itu, F-GKBIR mengharapkan adanya keseriusan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan sumber-sumber pendapatan asli daerah melalui upaya intensifikasi dan ekstensifikasi terhadap pajak dan Retribusi Daerah yang menjadi sumber utama penerimaan Pendapatan asli daerah.

“Selain itu melakukan penyesuaian peraturan daerah yang sudah tidak relevan merevitalisasi perusahaan daerah yang berorientasi pada profit serta menggali potensi yang masih memungkinkan menurut Undang-Undang nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah,”pintahnya. [monces]

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close