HeadlineKesehatan

Dinas Kesehatan Fakfak Himbau Masyarakat Waspda DBD

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak Gondo Suprapto, SKM. M.Si

FAKFAK, kabarfakfak.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak menghimbau masyarakat untuk waspada terhadap serangan penyakit Demam Berdara Dengue (DBD) saat musim hujan ini dengan cara 3M, yakni Menguras, Menimbun dan Mengubur wadah yang bisa menjadi tempat penampungan air.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak Gondo Suprapto, SKM. M.Si mengingat Kabupaten Fakfak merupakan daerah yang sangat beresiko penyakit DBD.

“Kabupaten Fakfak adalah merupakan daerah yang sangat beresiko penyakit DBD, karena itu setiap rumah menyimpan air untuk kebutuhan rumah tangga di tutup, sebab jika tidak ditutup akan menjadi tempat berkembang biak nyamuk aedes aegypti penular DBD,”ujar Gondo Suprapto via WhatsApp, Jumat (4/1/2019) sore kemarin.

Menurutnya,  cara yang paling efektif dan efisien, murah dan mudah  adalah gerakan secara massal setiap rumah masing-masing harus mempunyai 1 juru pemantau jentik untuk 3M (Menguras, Menutup, Mengubur).

“Juru pemantau itu bisa dari anaknya, bapaknya atau ibunya atau anggota keluarga lainnya yang bertugas seminggu sekali membersihkan rumahnya masing-masing, begitu juga sekolah atau kantor,”katanya.

Penanggulangan DBD ini, lanjut dia, tidak hanya petugas Kesehatan, tetapi juga peran siapa saja, anggota rumah tangga, keluarga, para Ketua RT/RW, para Kepala Kampung, para Kepala Distrik.

“Anak-anak murid di Sekolah, para Guru,  organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan, organisasi sosial, organisasi profesi, para calon anggota DPRD dan lain-lain, hanya seminggu sekali,”imbuhnya.

“Marilah mulai dari sekarang, dari diri kita sendiri, lihat lingkungan rumahnya masing-masing, jangan pelihara jentik nyamuk,”pintahnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close