HeadlinePolitik

KPU Fakfak Terima LPSDK Parpol Peserta Pemilu 2019

Suasana penyerahan LPSDK dari 16 Parpol Peserta Pemilu 2019.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Fakfak telah menerima Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) dari 16 Partai Politik (Parpol) peserta pemilu 2019 diruang rapat Kantor KPU Kabupaten Fakfak, Rabu (2/1/2019) lalu.

Selain 16 Parpol, KPU Fakfak juga menerima LPSDK kedua Tim Koalisi Pemenangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden Joko Widodo – Ma’aruf Amin, dan Prabowo – Sandiaga Uno.

Devisi Hukum KPU Kabupaten Fakfak Herman Bugis, SH mengatakan, mekanisme penerimaan sumbangan hanya berasal dari dua sumber, yaitu korporat atau badan usaha dan sumber sumbangan perorangan.

“Penyerahan LPSDK itu sendiri mengacu pada ketentuan PKPU Nomor 32 tahun 2018 tentang tahapan program, dan jadwal LPSDK peserta pemilu 2019, jadi pada prinsipnya kami KPU melaksanakan tahapan tersebut sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku,”ujar Herman sapaan akrabnya dihubungi via ponselnya, Jumat (4/1/2019) sore kemarin.

Herman menjelaskan, ada tiga jenis laporan dana kampanye terkait dengan pemilu, baik pemilu legislatif maupun pemilu presiden, yakni laporan awal dana kampanye, laporan sumbangan dana kampanye dan akhir dana kampanye.

“Salah satunya LPSDK yang kemarin kita sudah laksanakan sesuai tahapan dan jadwal dan nanti ada lagi Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) yang akan diserahkan oleh parpol peserta Pemilu April 2019 mendatang setelah berakhir masa kampanye,”jelasnya.

Berikut 16 Parpol yang menyerahkan LPSDK, yaitu  PKB, PBB, PKS, PSI, Golkar, Berkarya, PKPI, Demokrat, PAN, Garuda, Nasdem, PDIP, Perindo, Hanura, Gerindra dan PPP. [monces]

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close