HeadlineMetro Fakfak

KNPI Papua Barat Tegas Tolak Kongres Lanjutan, Ini Alasannya

Sekretaris DPD KNPI Papua Barat Jemi Liunsanda berpose bersama Ketua dan Pengurus DPD KNPI Kabupaten Fakfak.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Papua Barat dengan tegas menolak Kongres lanjutan KNPI  yang digelar 5-6 Januari 2019 di Bogor Jawa Barat dan tetap konsisten mendukung hasil yang telah dicapai pada Kongres Pemuda KNPI XV, yang menetapkan Haris Pertama sebagai Ketua Umum terpilih DPP KNPI.

Penegasan itu disampaikan Sekretaris DPD KNPI Provinsi Papua Barat Jemi Liunsanda didampingi DPD KNPI Kabupaten Fakfak Abdollah Bahba bersama pengurusnya di Pujisera Kabupaten Fakfak, Minggu (6/1/2019) sore tadi.

“Kami DPD KNPI Papua Barat dengan tegas menolak kongres lanjutan atau putaran II atau apapun sebutannya oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab,”tegas Jemi sapaan akrabnya.

Menurut Jemi, kongres lanjutan itu adalah penghianatan terhadap nafas persatuan Pemuda Indonesia, dan juga sebagai bentuk pengingkaran atas proses demokratisasi yang berjalan, serta cara untuk memecah belah persatuan.

“Kami DPD KNPI Papua Barat sangat menyesalkan sikap, tindakan yang tidak terpuji yang dilakukan oleh Ketua Umum dan Sekjen KNPI dimisioner, yang telah menghadiri dan juga melegitimasi kongres lanjutan,”kata Jemi dengan nada kesal.

Untuk itu, dia menghimbau  pemuda Indonesia untuk tetap bersabar dan tunduk terhadap aturan-aturan dengan semangat persatuan pemuda Indonesia.

“Kita tidak boleh terpeca belah karena haus kekuasaan di tubuh organisasi,”pintahnya menambahkan, DPD KNPI Papua Barat mendukung upaya Hukum yang ditempuh oleh Ketua Umum DPP KNPI terpilih Haris Pertama untuk melaporkan pihak-pihak yang mencoba melaksanakan Kongres Lanjutan.

Senada juga disampaikan Ketua DPD KNPI Kabupaten Fakfak Abdollah Bahba, dia bersama pengurusnya tetap  konsisten mendukung Kongres Pemuda KNPI XV, yang menetapkan Haris Pertama sebagai Ketua Umum terpilih DPP KNPI.

“Secara organisasi kami menganggap kongres KNPI XV yang menetapan bung Haris Pertama sebagai ketua umum terpilih DPP KNPI itu sah, karena dihadiri oleh ketua umum dan sekjen DPP KNPI dimsioner serta semua pimpinan OKP dan juga KNPI Provinsi se-Indonesia,”tandasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close