HeadlinePolitik

KPU Fakfak Siapkan Alat ‘Situng’ untuk Pantau Hasil Pemilu 2019

Ini alat Situng untuk Pantau Hasil Pemilu 2019.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Fakfak saat ini memiliki Sistim Informasih Penghitungan Suara (Situng) dalam Pemilu 2019.

Devisi Tehknis Penyelenggara dan SDM KPU Kabupaten Fakfak Hasanudin Rettob, S.Pdi mengatakan, aplikasi ini akan membantu KPU dalam memberikan informasih secara luas dan cepat dalam proses Pemilu caleg, capres dan cawapres 2019.

“Situng merupakan aplikasi untuk memastikan bahwa, prinsip dan asas transparansi penyelenggara pemilu, baik pemilihan legislatif, capres dan cawapres dapat berjalan dengan baik, sekaligus mendorong partisipasi masyarakat dalam mengawal hasil pemilu 2019,”ujar Hasanudin sapaan akrabanya di Kantor KPU Fakfak, Kamis (10/1/2019) siang kemarin.

Disisi lain, lanjut dia, Situng merupakan alat untuk memutus praktek manipulasi hasil perolehan suara, sehingga KPU bisa menjaga tingkat akurasi data dalam penyelenggara pemilu.

“Adapun jenis-jenis aplikasi yang terdapat dalam Situng, antara lain aplikasi pindai (scan) e-rekap atau entry data model C1, aplikasi excel untuk formulir lengkap, dan aplikasi publikasi hasil pemilu,”jelasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close