HeadlinePolitik

55 Relawan Demokrasi Dikuhkukan KPU Fakfak, Ini Tugasnya

Sausana penandatanganan berita acara pengukuhan dan Pakta Integritas.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Fakfak Dihuru Dekry Radjaloa, SP resmi mengukuhkan 55 relawan demokrasi di ruang rapat Kantor KPU Kabupaten Fakfak, Kamis (31/1/2019) pagi kemarin ditandai penandatanganan berita acara pengukuhan dan Pakta Integritas.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Dihuru Dekry Radjaloa mengatakan, relawan demokrasi merupakan mitra kerja KPU dituntut mampu menumbuhkan kembali kesadaran positif para pemilih terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Saya berpesan kepada relawan demokrasi agar dalam melaksanakan tugasnya wajib mematuhi kode etik yang telah ditetapkan, yakni bersikap idependen, infarsial dan non partisan terhadap peserta pemilu,”ujarnya.

Dekry juga berharap, relawan demokrasi beritindak santun dan berlaku baik, menghormati adat dan budaya, tidak keberpihakan kepada peserta pemilu.

“Tidak bertindak diskriminatif dan tidak menerima imbalan dalam bentuk apapun,”tegasnya.

Relawan demokrasi bertugas antara lain menyampaikan materi tentang pentingnya demokrasi pemilu dan partisipasi, mensosialisasikan tanggal, hari dan jam pemungutan suara.

Selain itu menyampaikan tata cara pemberian suara dalam pemilu, dan pengenalan peserta pemilu atau pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Pengukuhan tersebut dihadiri Wakapolres Fakfak Kompol Ilhmansyah, S.Pd, Kasdim 1803/Fakfak Mayor Inf. Wahlin Rahman, S.Pd, Komandan Pos TNI AL Fakfak, para Staf Ahli Bupati Fakfak, Kepala Kesbangpol Kabupaten Fakfak, dan Bawaslu Kabupaten Fakfak. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close