Monday , 3 February 2020
Home / Headline / KPU Fakfak Rakor Bersama PPD Pesiapan Rekapapitulasi DPK dan DPTb

KPU Fakfak Rakor Bersama PPD Pesiapan Rekapapitulasi DPK dan DPTb

Suasana Rakor sekaligus Bimtek PPD se- Kabupaten Fakfak, yang digelar KPU Fakfak.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Fakfak menggelar rapat koordinasi (Rakor) sekalgus Bimbingan Teknis (Bimtek) pesiapan rekapitulasi Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) kepada Panitia Pemilihan Distrik (PPD) se Kabupaten Fakfak, di ruang rapat KPU Kabupaten Fakfak, Kamis (14/2/2019) pagi kemarin.

Ketua KPU Kabupaten Fakfak Dihuru Dekry Radjaloa, SP  yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, maksud dan tujuan pelaksnaan Bimtek ini adalah memberikan pemahaman kepada PPD terkait apa itu DPK dan DPTb sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Melalui bimtek ini saya berharap kepada jajaran penyelenggara pemilu dari PPD dapat bekerja sesuai regulasi, untuk merekap DPK dan DPTb, karena dalam waktu dekat komisioner KPU melakukan monitoring terhadap pelaksanaan tahapan ditingkat Distrik dan juga perekrutan anggota KPPS,”ujarnya.

Sementara Komisioner KPU Devisi Data Abdon Retraubun, SE menjelaskan terkait DPTb sesuai regulasi adalah orang yang berasal dari luar Fakfak namun berdomisilih di Kabupaten Fakfak, namun dibuktikan dengan  KTP, Surat berdomisili.

Operator Data KPU Kabupaten Fakfak Herman Harly menjelaskan secara Teknik bahwa, syarat pemindahan pemilih dari luar daerah diperkuat formulir A5 agar di akui di TPS.

“Sedangkan untuk DPK adalah pemilih yang datang degan menggunakan KTP namun tidak terdaftar dalam DPT dan DPTb, tapi dia menggunakan hak pilihnya mulai jam 12.00 Wit ke atas setelah seluruh DPT dan DPTB selesai,”jelasnya.

Rakor tersebut selain dihadiri Ketua KPU Kabupaten Fakfak, juga hadir Anggota Komisioner KPU Kabupaten Fakfak dan Plt Sekretaris KPU Kabupaten Fakfak, serta Anggota dan Sekretaris PPD se Kabupaten Fakfak. [monces]

Check Also

Soal Pemadaman Listrik Sesuai Terjadwal, PLN Tidak Bisa Menjamin, Ini Alasannya

FAKFAK, kabarfakfak.com – Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Rayon Fakfak Musril Kaotjil mengatakan pihaknya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *