HeadlineMetro Fakfak

Kasatpol PP Arif Rumagesan : Penertiban Baliho Sudah Sesuai Prosedur

Kasatpol PP Kab. Fakfak Arif H. Rumagesan, S.Sos. M.AP.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Fakfak Arif H. Rumagesan, .Sos. M.AP mengatakan, pihaknya bukan melakukan pembongkaran Baliho Calon Legislatif (Caleg) di Jln Salasa Namudat Kabupaten Fakfak, tetapi ‘Penertiban’, dan hal itu dilakukan sesuai prosedur.

“Jadi saya mau luruskan bahwa, kita bukan melakukan pembongkaran, tetapi penertiban baliho yang sudah roboh atau jatuh entahlah tertiup angin, tapi pada prinsipnya baliho yang jatuh kami tertibkan bawa ke Kantor kemudian kami buat berita acara,”ujar Arif sapaan akrab diruang kerjanya, Jumat (15/2/2019) sore kemarin.

Menurutnya, penertiban itu bukan saja dilakukan pada Baliho Caleg, tetapi semua Baliho, Spanduk yang telah melewati peruntukannya. Namun kata Arif, sebelumnya dilakukan pemberitahuan atau pengumuman di RRI terkait akan dilakukan penertiban.

“Kami lakukan pengumuman itu sejak 25 Januari 2019 lalu, jadi selama satu minggu kita umumkan di RRI, tujuannya agar pemilik Baliho, Spanduk dan lain-lain segera tertibkan, namun karena tidak digubris, maka kami mengambil langkah untuk melepaskan, membuka baliho atau papan reklame, umbul-umbul dan alat peraga lainnya yang rusak atau roboh dan bawa ke kantor kemudian kita buta berita acara,”kata Arif, yang didampingi oleh Sekretaris Satpol PP.

Arif menjelaskan, penertiban tersebut dilakukan berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Fakfak Nomor 8 tahun 1990 tentang penyelenggaraan kebersihan, keindahan, kesehatan, keamanan dan ketertiban di Kabupaten Fakfak.

“Perlu ketahui pula bahwa, kemarin kita tidak saja melakukan penertiban terhadap baliho atau papan reklame, umbul-umbul dan alat peraga lainnya yang rusak atau roboh, tetapi juga melakukan penertiban terhadap hewan yang berkeliaran di jalan raya, untuk kalau bisa pemiliknya dikandangkan,”ujarnya.

Ketegasan atau penyampaian Arif selaku Kasatpol PP Kabupaten Fakfak ini sekaligus mengklarifikasi pemberitaan di media bahwa, terjadi pembongkaran Baliho beberapa caleg di Jln Salasa Namudat.

“Sekali lagi kami bukan melakukan pembongkaran tetapi penertiban, dan bukan untuk APK (alat peraga kampanye), tetapi baliho atau papan reklame, umbul-umbul dan alat peraga lainnya yang rusak atau roboh,”jelas Arif menambahkan, sebelumnya telah dilakukan koordinasi dengan Bawaslu dan responnya positif mempersilahkan Satpol PP untuk menertiban sesuai regulasi. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close