HeadlinePolitik

KPU Fakfak Bentuk Tim Supervisi dan Monitoring Pemilu 2019 Turun ke Distrik

Suasana pertemuan Staf KPU Fakfak, yang dipimpin Ketua KPU Fakfak.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Fakfak bentuk tim supervisi dan monitoring pelaksanaan Pemilu 2019 di tingkat Distrik diwilayah Kabupaten Fakfak, yang dimulai sejak 14 Februari 2019 lalu.

Ketua KPU Kabupaten Fakfak Dihuru Dekry Radjola, SP mengatakan tim tersebut akan melakukan beberapa agenda penting diantaranya melakukan koordinasi dengan para Kepala Distrik terkait perluasan zona pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK).

“Terkait dengan zona APK ini, saya berharap kepada teman-teman tim yang sudah terbentuk untuk maksimal melaksanakan tugasnya sesui petunjuk tehknis yang sudah dibagikan,”kata Dekry.

Menurut dia, tim bersama-sama kepala distrik harus memastikan lokasi mana saja yang menjadi pemasangan APK. Zona yang sudah ditentukan itu langsung tertuang dalam berita acara.

“Tujuannya adalah, agar supaya dapat dipertanggungjawabkan atau disampaikan dalam pertemuan KPU bersama partai politik yang akan digelar setelah tim melakukan supervisi dan monitoring,”jelasnya.

Selain APK, kata Dekry, tim juga akan mensosialisasikan kepada kepala Distrik dan masyarakat setempat terkait Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

“Mereka sampaikan kepada masyarakat bahwa, DPTb ditujukan untuk pemilih yang sudah terdaftar di DPT suatu Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang keadaan tertentu tidak bisa menggunakan hak pilihnya di TPS bersangkutan, karena bisa saja pulang libur (mahasiswa,red) ke kampung halamannya,”ujarnya.

Untuk bisa memilih di daerah atau kampung halamannya saat libur misalnya bagi mahasiswa, atau masyarakat yang ingin pulang kampung atau pindah daerah, maka kata Dekry, bisa melapor ke PPS atau KPU setempat asal untuk mendapatkan surat pemberitahuan pindah.

“Pemilih akan mendapatkan formulir A5-KPU yang akan digunakan untuk memilih di TPS lain paling lambat 30 hari sebelum hari pemungutan suara,”jelasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close