HeadlineMetro Fakfak

Uksup Mgr Hilarion Datus Lega Berkati Gereja Ignatius Loyola Werabuan

Uskup Manokwari Sorong Mgr Hilarion Datus Lega, Pr berkati gedung gereja Stasi Santo Ignatiius Loyola Werabuan.

WERABUAN, kabarfakfak.com – Uskup Manokwari Sorong Mgr. Hilarion Datus Lega, Pr resmi memberkati gedung gereja Stasi Santo Ignatius Loyola di Kampung Werabuan Distrik Wartutin Kabupaten Fakfak dalam ibadah Ekaristi, Minggu (17/2/2019) pagi kemarin ditandai pengguntingan pitah dan membuka pintu utama gereja.

Dalam ibadah Ekarsiti atau misa, Uskup juga memberkati Salib Utama, Altar, Patung Hati Kudus Yesus, Patung Santa Maria dan sejumlah benda-benda rohani seperti tabernakel dan perlengkapan misa dengan air suci.

Dalam Homili atau khotbahnya, Uskup mengingatkan umat katolik bahwa rumah ibadah, bukan hanya tempat orang beribadah, tetapi rumah Tuhan, tempat Tuhan Allah bersemayam, dan tempat tinggal Tuhan Allah.

“Rumah ibadah adalah tempat sembayang, tapi juga rumah Tuhan, jadi Tuhan itu kita hadirkan jiwa dan badannya dekat dengan kita, seperti kata-kata Yesus sendiri, Dia itu Imanuel, yang artinya Allah menyertai umatNya,”ujar Uskup.

Karena tempat ibadah rumah Tuhan, maka Uskup mengajak umat katolik untuk memanfaatkan sebaik-baiknya rumah Tuhan untuk beribadah dan memuliakan namanNya, bawalah doa-doa yang mencerminkan persembahan hidup kita, sehingga selalu menjadi berkat bagi kita melalui usaha dan kerja kita.

“Tempat ibadah ini rumahnya Tuhan, karena Tuhan itu kita tidak lihat, maka dia hadir dalam bentuk jemaat Allah, satu himpunan, maka itu Yesus bilang, kamu orang-orang percaya itu bukan lagi Hambah, kamu adalah sahabat, karena kamu telah Aku jadikan anak-anakKu sendiri,”jelasnya.

Pada kesempatan itu, Uskup mengajak paroki atau stasi lain yang ada di Tim Pastoral Wilayah (TPW) Fakfak untuk melaksanakan berbagai kegiatan rohani di gereja Ignatius Loyola Werabuan.

“Kegiatan pembinaan, kegiatan anak sekami, pembinaan kaum remaja katolik, kaum bapa dan kaum ibu-ibu, supaya tempat-tempat ibadah yang adalah rumah Tuhan, mencerminkan kehormatan besar yang berasal dari Tuhan,”pinta Uskup.

Pantauan media ini, setelah pemberkatan, Bupati Fakfak Dr. Mohammad Uswanas, M.Si meresmikan gereja tesebut ditandai penandatangan prasasti oleh Bupati dan Uskup Manokwari Sorong.

Bupati Fakak Dr. Mohammad Uswanas, M.Si dan Uskup Manokwari Sorong Mgr. Hilarion Datus Lega, Pr tanda tangan prasasti peresmian.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan sebagai kepala daerah atau kepala pemerintah tetap memberikan perhatian secara menyeluruh kepada pembangunan rumah ibadah di Kabupaten Fakfak, baik pembangunan Masjid maupun pembangunan Gereja.

“Semua itu atas kehendak dan kasih sayang Tuhan, sehingga selaku pemerintah wajib memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dari berbagai aspek pembangunan,”ujarnya.

Foto bersama Bupati dan Uskup bersama Forkominda dan undangan laiinya usai peresmian gereja Ignatius Loyola Werabuan.

Diakhir sambutan Bupati memberikan apresiasi kepada umat katolik yang sudah membantu menyukseskan pembangunan melalui program Gerbang Kaca.

“Karena dengan berhasil membangun gedung gereja, maka umat katolik juga secara langsung menyukseskan program gerbang kaca melalui dana kampung,”tandasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close