EkonomiHeadline

Di Fakfak, Harga Bapok Mulai Merangkak Naik, Dimana TPID?

Suasana di Pasar Thumburuni Kabupaten Fakfak.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Tidak bisa dipungkiri setiap kali menghadapi hari-hari besar keagamaan harga kebutuhan pokok selalu merangkak atau bergerak naik.

Meski Pemerintah Daerah sudah melakukan berbagai langkah antisipasi dengan melaksanakan rapat koordinasi yang melibatkan semua pihak, tetapi tidak melakukan pengecekan lapangan untuk mengetahui kondisi harga terkini, maka ibarat “Tong Kosong Bunyinya Nyaring”

“Terus menjadi pertanyaannya, dimana TPID (Tim Pengandali Inflasi Daerah), kenapa tidak melaksanakan tugasnya,”ujar Jerry Maryen salah satu pengamat kebijakan publik, Jumat (10/5/2019) siang kemarin.

Menurut dia, tugas TPID ini sangat jelas yakni menganalisa sumber permasalahan perikonomian sebagai sumber potensi inflasi di Kabupaten Fakfak.

“Menginventarisasi data base perkembangan harga barang dan jasa serta kecukupan pasokan dan produksinya secara berkala dan melaporkannya kepada Bupati secara berkala, nah ini tugas dari mereka,”kata Yerry.

Sebagai upaya pengendalian inflasi daerah, Yerry meminta Pemerintah Daerah bersama pemangku kepentingan terkait untuk sering-sering melakukan pengawasan di gudang-gudang distributor bahan pangan.

“TPID harus melibatkan kejaksaan dan kepolisian dan sering-sering terjun ke lapangan, gudang-gudang besar distributor untuk mengecek apakah mereka menimbun atau tidak, barangnya terlalu banyak atau tidak, ini perlu pengecekan,”pintanya.

Dengan begitu, lanjut dia, distributor dan pemilik gudang merasa diawasi oleh pemerintah dan segan melakukan penimbunan, “Jangan sampai mereka merasa tidak diawasi, lalu menimbun barang dan mempermainkan harga,”tuturnya.

Ditambahkannya, saat ini salah satu harga komoditi kebutuhan pokok masyarakat yaitu cabai rawit merah mulai merangkak naik menjadi Rp 120.000/kg dari harga sebelumnya Rp 60.000/kg, sedangkan cabe keriting Rp 70.000/kg dari harga sebelumnya Rp 50.000/kg.

“Nah, ini tugasnya TPID, saya juga tidak tau Satgas Pangan ini sudah terbentuk atau belum, karena tugas mereka juga salah satunya menstabilkan harga pangan,”jelasnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close