Monday , 3 February 2020
Home / Headline / Satpolair Polres Fakfak Bagi-Bagi Takjil dan Sosialisasi Keselamatan Berlayar

Satpolair Polres Fakfak Bagi-Bagi Takjil dan Sosialisasi Keselamatan Berlayar

Satpolair Polres Fakfak Bagi-Bagi Takjil dan Sosialisasi Keselamatan Berlayar kepada para nelayan.

FAKFAK, Kabarfakfak.com – Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Fakfak Polda Papua Barat, Minggu (26/5/2019) sore kemarin, bagi-bagi makanan untuk berbuka puasa atau takjil kepada masyarakat pesisir (Nelayan-red) yang sedang melaksanakan ibadah puasa bulan suci ramadhan 1440 H/2019 M.

Raatusan takjil dibagikan kepada masyarakat pesisir atau nelayan berada di sejumlah wilayah Kabupaten Fakfak, seperti nelayan yang ada di kampung Tanama, Distrik Pariwari dan Kampung Sungai, Distrik fakfak,

Kepala Satpolair Polresta Fakfak Ipda Arif Usman Rumra, S.Sos mengatakan, tujuan pembagian takjil merupakan silaturahmi, memperkokoh persatuan dan kesatuan, serta meningkatkan kemitraan sesama aparat kepolisian dengan masyarakat,

“Bapa-bapa Ini merupakan kepedulian kami, silaturahmi kami dengan para nelayan yang ada dipesisir pantai Kabupaten Fakfak,”kata Rumra saat mebagi-bagi Takjil.

Selait berbagi kasih, Satpolair juga memberikan sosialisasi tentang keselamatan berlayar, diantaranya mengingatkan kepada seluruh masyarakat khususnya pelaku pelayaran agar senantiasa memperhatikan surat-surat izin pelayaran seperti SPB, SIPI, SIUP, SLO secara lengkap,

“Saya menghimbau kepada para nelayan dalam melaksanakan pelayaran kiranya dapat melengkapi surat-surat sebelum berlayar seperti SPB,SIPI,SIUP,SLO,”pinta Arif.

Dia mengingatkan para nelayan khususnya dari luar Kabupaten Fakfak seperti masyarakat dari Sulawesi Selatan (galesong,red) agar melengkapi SIPI ANDON yang di terbitkan oleh dinas Perikanan Provinsi Papua barat, melalui Dinas Perikanan Kabupaten Fakfak.

“Surat-surat ini penting untuk digunakan, jangan ketika terjaring razia dan penangkapan oleh aparat terkait kemudian tidak mengantongi sehingga tidak mampu menunjukkan surat-surat tersebut kepada aparat maka otomatis akan diambil tindakan hukum terhadap dugaan pelanggaran dimaksud,”pintanya.

Sementara Kanit Patroli Laut Sat Polair Polres Fakfak Aiptu Hambali juga mengingatka para Nelayan sebelum beraktivitas dilaut menyiapkan alat keselamatan berupa life jacket, termasuk memperhatikan keseluruhan perangkat kapal seperti bodynya, mesinya, BBM, GPS serta hal-hal yang sangat berkaitan erat dengan kegiatan pelayaran dilaut.

“Apa bila ada nelayan pencari telur ikan yg keluar tanpa di lengkapi surat-surat berarti berakibat resiko dan itu menjadi tanggung jawab pihak kapal sendiri,”tandasnya.

Suasana bagi-bagi Takjil kepada warga nelayan, nampak diterima salah satu warga Galesong Sulawesi Tenggara.

Salah satu nelayan Asal Galesong bernama Daeng Amran (35) menyamapikan terima kasih kepada pihak kepolisian khusus Satpolair.

“Karena kesibukan kami di kapal ini kadang dari pagi sampai sore bahkan sampai malam sehingga tidak sempat menyiapkan makanan untuk berbuka puasa, tapi hari ini saya cukup gembira namun berterima kasih kepada Kapolres Fakfak dan Satpolair karena membagikan makanan gratis untuk kami bisa berbuka puasa,”ujarnya salah seorang warga Galesong.

Dakhir pembagian makanan berbuka puasa atau takjil ini, antara Satpolairud Polres Fakfak dan masyarakat pesisir (nelayan) melaksanakan deklarasi keselamatan pelayaran. [monces]

Check Also

Pedagang Dilarang Jual Meja Batu, Bupati : Ketahuan Ditangkap dan Proses Hukum

FAKFAK, kabarfakfak.com – Bupati Fakfak Dr. Mohammad Uswanas, M.Si melarang pelaku ekonomi atau para pedagang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *