HeadlineMetro Fakfak

Umat Islam di Kabupaten Fakfak Pawai Obor Rayakan Kemenangan 1 Syawal 1440 Hijriyah

Suasana Pawai Obor di Kabupaten Fakfak – papua barat, foto rustam/mataradar.com

FAKFAK, kabarfakfak.com – Ratusan Umat Islam di Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat, Selasa (4/6/3019) tadi malam melaksanakan pawai takibaran merayakan kemenangan 1 Syawal 1440 Hijriyah..

Pawai takbiran ini berbeda tahun sebelumnya yang menggunakan kenderaan hias, namun Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Fakfak sebagai penyelenggara, tahun ini melaksanakan dengan berjalan kaki membawa obor mengambil star dari masing-masing Masjid diwilayah Kota Fakfak.

Suasana luar biasa penuh hikmat dengan berjalan kaki membawa obor diiringi gema takbir hingga finis di panggung terbuka Jln Salasanamudat Kelurahan Fakfak Selatan.

Diketahui bahwa, pawai obor ini tidak hanya diikuti oleh Umat Muslim saja, tetapi juga umat Kristen yang ikut berpartisipasi.

Pawai takbran ini sudah menjadi tradisi budaya toleransi dengan semobayan “SATU TUNGKU TIGA BATU” yang melambangkan Agama keluarga.

Pawai obor dilaksakan 3 titik kumpul, wilayah Wagom (Distrik Pariwari) dan sekitarnya berkumpul di Masjid Agung Baitul Makmur dilepas oleh Kapolres Fakfak AKBP Deddy Fouri Millewa, S.IK, M.IK.

Wilayah puncak (Distrik Fakfak) dan sekitarnya di Stadion 16 November, dilepas oleh Penjabat Sekda Kabupaten Fakfak Drs H Alibaham Temongmere, MTP.

Selanjutnya, wilayah Sebrang (Distrik Fakfak Tengah) dan sekitarnya berkumpul di depan SD YPPK Sorpeah Kelurahan Danaweria dilepas oleh Komandan Kodim 1803/Fakfak Letkol Inf. Yatiman, A.Md.

Dari 3 wilayah itu bergerak dan finish di Jln. Reklamasih Jln. Sala Sanamudat itu dikoordinir langsung oleh Meizal Buchori, SE sebagai Koordinator pawai obor.

Rombongan yang mengambil start dari stadion 16 Nevmber dan dilepas oleh Pejabat Sekda dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Taufik Heru Uswanas, M.Si, Kabag Ops Polres Fakfak Kompol J. Banjarnahor, Kapolsek Fakfak AKP Yusuf Lope S. dan Peserta Takbiran dari Jemaah Masjid se Distrik Fakfak.

Adapun rute yang dilalui Pawai Takbiran depan Lapangan 16 Nopember Fakfak – Masjid Almunawarah – Tugu Gapensi – Kodim 1803 Fakfak – Depan Kediaman Waka Polres Fakfak – Rumah Negara – Pelabuhan Fakfak – Jalan DR Salasa Namudat – Finish Panggung Terbuka Jln. Salasa Namudat.

Pantauan, Sholat Idul Fitri 1440 Hijriyah, Rabu (5/6/2019) pagi dilaksanakan pada masing-masing Masjid diwilayah Kota Fakfak begitu juga di Kampung-kampung di wilayah Kabupaten Fakfak. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close