HeadlineMetro FakfakPendidikan

Palang Dibuka, Hari ini Mahasiswa Polinef Mulai Kuliah

FAKFAK, kabarfakfak.com – Civitas akademik Politeknik Negeri Fakfak (Polinef) bernafas lega. Pasalnya pemalangan Kampus Polinef Jln Marsekal Adisucipto Kabupaten Fakfak, yang telah berlangsung selama dua bulan oleh pemilik hak ulayat, Selasa (18/6/2019) pagi kemarin akhirnya dibuka oleh Kodim 1803/Fakfak sebagai mediator setelah menunggu pemilik hak ulayat yang tak kunjung hadir.

Pembukaan palang dipimpin oleh Dandim 1803/Fakfak Letkol Inf. Yatiman, A.Md, didukung atau diikuti  pihak Kepolisian Resort Fakfak, Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak, Raja Fatagar dan pihak Polinef, yang diawali dengan doa oleh Dandim.

“Ya Allah, kami yang datang hari ini bertujuan demi kemasalahatan umat, bukan kepentingan pribadi, bukan kepentingan perorangan, bukan kepentingan kelompok, tapi untuk kepentingan pendidikan di Kabupaten Fakfak dan pada umunnya di Indonesia, Amin,”ucap Dandim sembari palang dibuka.

Setelah palang dibuka, Dandim mempersilahkan semua orang yang menyaksikan pembukaan pemalangan itu termasuk dosen dan mahasiswa Polinef untuk masuk ke kampus tersebut.

Satu persatu ruangan kampus ditelusuri atau dikunjungi untuk memastikan fasilitas kampus mulai dari ruangan laboratorium komputer setiap ruangan program studi (prodi) Informatika, Teknik Sipil dan ruangan Prodi laiinya.

Dari hasil penelusuran itu sejumlah fasilitas berupa komputer diduga hilang, sehingga pihak kampus akan melaporkan kejadian itu ke Kepolisian Resort Fakfak guna diproses sesuai hukum yang berlaku.

“Ternyata yang saya kuatirkan betul, ada beberapa material khususnya barang-barang elektronik yang hilang, ini nanti pihak Politkenik mendata secara terperinci untuk nantinya berurusan dengan pihak yang berwajib dalam hal ini Polisi,”kata Dandim Yatiman.

Menurut Dandim, kejadian yang memalukan ini merupakan sejarah baru pertama kali Fakfak dan harapan Dandim kedepan tidak terulang lagi. Untuk itu semua pihak termasuk lembaga adat, pemerintah daerah membuka mata lebar-lebar untuk melihat kejadian ini.

“Ini saya minta yang terakhir demi kemajuan Fakfak. Artinya ini menjadi tonggak sejarah bagi kita untuk kedepan supaya kita tidak ragu-ragu. Aparat Pemerintah, Kepolisian, Kodim, semua penegak hukum tidak perlu ragu-ragu lagi, kalau kita ragu-ragu lagi, akibatnya seperti ini,”pinta Dandim Yatiman.

Dandim mengatakan, adanya palang dibuka, maka proses perkuliahaan dilaksanakan, sehingga mahasiswa-mahasiswi dapat memperoleh pendidikan yang baik.

“Yang kuliah disini anak-anak kita Papua juga, jadi saya minta mulai hari ini dan seterusnya proses perkuliahaan berjalan, ada hal-hal yang mengganggu, menghambat segera melaporkan ke pihak Kepolisian,”pintanya.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kabupaten Fakfak Charles Kambu, S.Sos. M.Si menyampaikan terima kasih kepada Dandim beserta jajarannya yang mengambil inisiatif langsung hingga palang dibuka.

“Mulai dari pertemuan di Makodim yang disepekati palang dibuka pada hari ini jam 10 pagi, itu kesepakatan bersama dengan pemilik hak ulayat,”ujar Kambu sembari mengatakan proses hukum tetap dilaksanakan.

Kabag Umum Politekik Negeri Fakfak Muhammad Nur menyampaikan terima kasih kepada Dandim bersama jajarannya, dan Kepolisian Resort Fakfak, juga Pemerintah Daerah dan pemilik hak ulayat yang bersepakat membuka palang.

“Hari ini kami langsung beraktivitas, membersihkan ruangan-ruangan, untuk besok kami sudah mulai melaksanakan perkuliahaan seperti biasanya, kami akan membuat surat ke Polres Fakfak dan Kodim untuk melakukan pendampingan sehingga tidak ada gangguan dalam proses perkuliahaan,”pintanya.

Hadir dalam pembukaan palang tersebut, selain Dandim 1803/Fakfak, Plh Sekda, juga hadir Staf Khusus Bupati Rudolf Michael, Kabag OPS Polres Fakfak Kompol J. Banjarnohor, Danramil 1803-01/Kota Kapten Inf. S. Patiran, Dansub Den Pom Fakfak Kapten CPM Ari Siam Yotefa, SH, Kapolsek Fakfak AKP Yusup Samole.

Juga hadir Raja Fatagar T. Heru Uswanas, S.Sos. M.Si, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan, A. Razak Rengen, Kepala Kampung Tanama Syukur Weripi dan Kabag Umum Polteknik Negeri Fakfak Muhammad Nur. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close