HeadlineMetro Fakfak

Charles Kambu Buka Pelatihan Pengolahan Telur Ikan Terbang

FAKFAK, kabrafkfak.com – Asisten Bidang Perikonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Fakfak Charles Kambu, S.Sos. M.Si atas nama Bupati resmi membuka Pelatihan Pengelolaan Telur Ikan Terbang bagi masyarakat lokal Fakfak di Aula Tempat Pengelolaan Ikan  (TPI) Kabupaten Fakfak, Rabu (24/7/2019) pagi kemarin.

Dalam sambutannya, Charles Kambu meminta peserta pelatihan dapat mengikutinya dengan baik semoga menjadi tambahan ilmu yang nantintya bermanfaat bagi peserta dalam pengelolaan telur ikan terbang.

“Kegiatan ini sangat penting mendorong pendapatan masyarakat kita dari sisi ekonomi, karena merekalah setiap hari terjun langsung mengolah telur ikan terbang,”ujarnya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Fakfak Untung Tamsil, S.Sos, M.Si menyebutkan, sebanyak 50 peserta yang mengikuti pelatihan tersebut selama dua hari dari 23-24 Juli 2019.

“Mereka berasal dari perwakilan beberapa kampung yakni diantaranya kampung sekru, Dulanpokpok, Kapartutin, Tanama dan bahkan Danaweria,”ujarnya.

Tujuan dari kegiatan ini, lanjut dia, merupakan pemberdayaan bagi masyarakat pesisir dan kampung, dan sangat berdampak sistimatik terhadap keberlangsungan eknomi masyarakat di daerah dampak telur ikan terbang.

“Jadi pada prinsip dalam pelatihan ini, peserta dilatih bagaimana cara mengelola hasil telur ikan terbang secara baik hingga pengemasan, sekaligus bagaimana cara menggunakan peralatannya, dan kedepan kegiatan yang sama akan dilaksanakan di beberapa Distrik,”kata Untung Tamsil.

Pelatihan ini diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Fakfak bekerjasama dengan Universitas Papua (Unipa) dan Unitet States Agnecy for Internasional Development (USAID), dihadiri Staf Khusus Bupati Fakfak dan Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Fakfak serta undangan lainnya.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan mengunjungi “cold storage”  (ruang pendingin) penyimpanan ikan di Tempat Pelelangan Ikan atau TPI. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close