HeadlineMetro Fakfak

Ratusan Orang Partisipasi Bersih Bersih Sampah di Area Jalan Reklamasi-Thumburun Fakfak

FAKFAK, kabarfakfak.com – Ratusan orang berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih sampah di area pantai reklamasi dan pantau Thumburuni, Jln Salasanamudat Kabupaten Fakfak, Sabtu (03/8/2019) pagi.

Sejak pukul 06.00 WIT, ratusan orang yang terdiri atas anggota TNI, Polri, jajaran Pemda, mahasiswa, komunitas, ormas dan pegiat lingkungan ini, ada 20 warga binaan begitu semangat membersihkan dan mengumpulkan sampah-sampah.

Sampah yang dikumpulkan itu, mulai dari sampah di darat maupun sampah-sampah yang mengambang dan tenggelam di pantai kawasan wisata Satu Tungku Tiga Batu, meski  cuaca berselimut mendung dan rintik gerimis. Kegiatan bertajuk Beach Clean Up yang digagas  oleh Kitong Bisa Learning Centre (KBLC) Fakfak ini.

Deisya Al Hamid, Chief Operating Officer (COO) dari Pusat Belajar Kitong Bisa di Fakfak mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membersihkan lingkungan kawasan landmark Fakfak yakni area Reklamasi.

“Disamping itu, kegiatan ini juga bertujuan mengedukasi masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang sampah di laut,”ujarnya.

Karena, menurut dia, akan menganggu ekosistem Alam. Juga mengedukasi pengurangan penggunaan single use plastic atau plastik sekali pakai. Ini juga lanjut dia, mendorong pengesahan Perda sampah di Kabupaten Fakfak, serta peraturan teknis untuk penerapannya,”jelas Deisya, Dosen Politeknik Negeri Fakfak ini.

 “Kondisi sampah di Kabupaten Fakfak semakin memprihatinkan, sampah plastik berserakan dimana-mana, kesadaran membuang sampah pada tempatnya masih rendah, masyarakat juga belum peduli pada pentingnya menjaga kebersihan laut,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini, nampak hadir Dandim 1803/Fakfak, Letkol Inf. Yatiman, A.Md, Wakapolres Fakfak, Kompol. Ilhamsyah; pejabat Sekda Fakfak, Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.T.P., serta pejabat jajaran Pemkab Fakfak. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close