HeadlineMetro Fakfak

Fraksi Golkar DPRD Fakfak Apresiasi Respon Bupati Terhadap 2 Raperda Inisiatif Dewan

FAKFAK, kabarfakfak.com – Fraksi Golongan Karya Bintang Indonesia Raya DPRD Kabupaten Fakfak mengapresiasai repon positifnya Bupati Fakfak terhadap 2 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif atau usulan DPRD Kabupaten Fakfak.

Dua Raperda yang direspon positif Bupati yakni, Raperda tentang perlindungan dan pemberdayaan nelayan kecil. Raperda tentang pedoman pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pegawai honorarium daerah, aparat kampug, badan pemsuyawaratan kampung, dan pekerja bukan penerima upah di Kabupaten Fakfak.

Demikian tanggapan Fraksi Golongan Karya Bintang Indonesia Raya DPRD Kabupaten Fakfak atas pendapat Bupati terhadap 2 Raperda inisiatif DPRD Kabupaten Fakfak, yang disampaikan Drs. Isak Patanduk, anggota Fraksi tersebut diruang sidang Dewan, Selasa (6/9/2019) Sore kemarin.

“Mengawali penyampaian tanggapan fraksi ini kami fraksi golongan karya bintang Indonesia Raya lebih dahulu menyampaikan terima kasih kepada bupati yang telah memberikan apresiasi dan respon yang positif terhadap 2 Rancangan peraturan daerah ini,”ujarnya.

Menurut Isak, Bupati menyampaikan bahwa pengajuan Raperda inisiatif DPRD adalah bagian dari legislatif daerah dan pelaksanaan fungsinya yakni pembentukan peraturan daerah sebagaimana diamanatkan dalam ketentuan pasal 149 ayat 910 huruf (a) dan pasal 150 hurug (b) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

“Sama halnya dengan pendapat bupati terhadap raperda inisiatif DPRD tentang perlindungan dan pemberdayaan nelayan kecil di mana bupati menyampaikan bahwa pemerintah daerah memberikan apresiasi terhadap Rancangan peraturan daerah tentang perlindungan dan pemberdayaan nelayan kecil karena telah membantu pemerintah daerah dalam hal perlindungan dan pemberdayaan nelayan kecil di Kabupaten Fakfak,”kata Isak.

Dijelaskannya, usaha perikanan dan kelautan memiliki peran penting dan strategis untuk menunjang keberhasilan pembangunan daerah memberikan kesempatan kerja dan rataan pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Penyusunan raperda tersebut juga telah di sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan namun sebelum dilakukan tahapan penyempurnaan lebih lanjut,”ujarnya.

Penyempurnaan lebih lanjut terkait Raperda tersebut, kata Isak Patanduk difasilitasi oleh Gubernur, Bupati guna mendapat kesepakatan antara Pemerintah Daerah dengan DPRD untuk dilakukan kajian terkait dengan sumber pembiayaan yang dibebankan dalam APBD Kabupaten Fakfak.

“Terhadap pendapat dan usul tersebut kami atau Fraksi Golongan Karya Bintang Indonesia Raya menyampaikan terima kasih dan sepakat dengan pemerintah daerah,”imbuhnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close