HeadlineMetro Fakfak

Soal SiLPA 2018. Ini Penjelasan Bupati Terhadap Pandangan Umum Fraksi Demokrasi

FAKFAK, kabarfakfak.com – Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA) yaitu selisih lebih realisasi penerimaan dan pengeluaran selama satu satu periode anggaran. Jika SiLPA suatu wilayah menunjukan angka O (nol) menunjukan penyerapan anggaran 100 persen.

Terkait hal itu, maka Fraksi Demokrasi meminta penjelasan Bupati terhadap faktor penyebab terjadi SiLPA di tahun Anggaran 2018, dan hal itu juga dijawab oleh Bupati Fakfak pada Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Fakfak membahas Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018, dan 6 Raperda memasuki rapat pleno ketiga, diruang sidang DPRD Kabupaten Fakfak, Selasa (6/8/2019) sore kemarin.

Rapat pleno ketiga itu dengan agenda jawaban Bupati terhadap penyampaikan pandangan umum Fraksi-Fraksi Dewan, antara lain Fraksi Kebangkitan Demokrasi DPRD Kabupaten Fakfak, yang meminta penjelasan Bupati terhadap faktor penyebab terjadi SiLPA di tahun anggaran 2018.

Penjelasan Bupati yang disampaikan Penjabat Sekda Kabupaten Fakfak Drs. H. Ali Baham Temongmere, M.TP bahwa penyebab SiLPA di tahun anggaran 2018 antara lain SiLPA Tahun Anggaran 2017 yang seharusnya digunakan di tahun anggaran 2018 namun tidak dapat digunakan karena pada Tahun Anggaran 2018 tidak dilakukan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P).

“Disamping itu ada beberapa program kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan karena terbentur dengan regulasi antara lain penerimaan CPNS formasi tahun 2018, pengukuran tanah areal bandara dan pematangan lahan bandara Siboru,”ujar Penjabat Sekda.

Penjelasan ini, lanjut Ali Baham Temongmere, sekaligus menjelaskan permintaan dari Fraksi Amanat Pembangunan pada pandangan umum Fraksi dan Fraksi Demokrat pada pandangan umum Fraksinya.

Pidato Bupati Fakfak pada pembukaan sidang paripuna tersebut, Senin (5/8/2019) menyebutkan bahwa SiLPA di Tahun Anggaran 2018 sebesar Rp 173.446.913.358,64. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close