HeadlineMetro Fakfak

Diakhir Masa Jabatan, DPRD Fakfak Sahkan Perda Pertanggungjawaban APBD 2018 dan 6 Perda

FAKFAK, kabarfakfak.com – Menjelang akhir masa jabatan, DPRD Kabupaten Fakfak meyetujui Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Fakfak Tahun Anggaran (TA) 2018 dan 6 Peraturan Daerah (Perda) pada Sidang Paripurna di Gedung Sidang DPRD Kabupaten Fakfak, Kamis (7/8/2019) tadi malam, yang berakhir sekitar pukul 00.30 WIT.

Untuk diketahui, masa jabatan DPRD Kabupaten Fakfak periode 2014-2019 akan berakhir, seiring dengan pelantikan Anggota DPRD Kaupaten Fakfak periode yang baru.

Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD TA 2018 dan 6 Perda disahkan oleh DPRD Kabupaten Fakfak berdasarkan persetujuan 5 Fraksi Dewan dalam laporan pendapat akhir Fraksinya.

Empat Raperda Usulan Pemda yakni, 1) Raperda tentang tata cara pemilihan kampung, 2) Raperda tentang Badan Musyawarah Kampung. 3) Raperda tentang pengelolaan sampah, 4) Raperda tentang perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Fakfak Nomor 5 tahun 2009 tentang penyelenggara Administrasi Kependudukan.

Sedangkan 2 Raperda Inisiatif/usulan DPRD Kabupaten Fakfam yakni, 1) Raperda tentang perlindungan dan pemberdayaan nelayan kecil, 2) Raperda tentang pedoman pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pegawai honorarium daerah, aparat kampug, badan pemsuyawaratan kampung, dan pekerja bukan penerima upah di Kabupaten Fakfak.

Sidang paripurna tersebut dipimpin Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Fakfak, Samaun Hegemur, SE didampingi Ketua DPRD Kabupaten Fakfak Siti Rahma Hegemur, ST.

 Penetapan hasil sidang paripurna dibacakan Pelaksana Harian (Plh) Sekeraris DPRD Kabupaten Fakfak, Djafar Rumatupa, selanjutnya Wakil Ketua DPRD Kabupaten Fakfak menyerahkan hasil-hasil sidang tersebut kepada Wakil Bupati Fakfak Ir. Abraham Sopaheluwakan, M.Si.

Wakil Bupati Fakfak dalam pidatonya menyampaikan terima kasih serta apresiasi kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Fakfak yang telah bekerja keras dengan penuh kesungguhan melakukan kajian, himbauan.

“Juga melakukan koreksi maupun saran yang sangat dibutuhkan, demi perbaikan dan penyempurnaan terhadap materi sidang pertanggungjawaban APBD TA 2018 dan 6 Perda,”kata Wakil Bupati.

Diakhir pidato, Bupati mengingatkan kepada Sekda dan seluruh pimpinan SKPD untuk menyimak kembali rekomendasi yang disampaikan dalam pandangan akhir Fraksi Dewan.

“Rekomendasi Fraksi Dewan itu dipandang perlu untuk kita bahas dan tetapkan dalam RAPBD tahun anggaran 2020,”pinta Wakil Bupati.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kabupaten Fakfak Samaun Hegemur menyampaikan pidatonya, yang pada intinya mengharapkan usaha dan kerja keras sungguh-sungguh Pemerintah Daerah khususnya OPD dalam mengelola anggaran dengan memperhatikan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Salin itu juga memperhatikan regulasi, prosedur yang jelas dan data yang terukurt dan valid serta ketersediaan sarana prasarana yang memadai serta koordinasi dan singkronisasi program dan kegiatan baik pada sisi perencanaan maupun sisi keuangan,”pintanya

Diakhir pdiadotnya, Wakil Ketua DPRD Samaun Hegemur, yang juga Ketua DPD Partai NasDem ini menutup sidang peripurna tersebut dengan mengetul palu sebanyak tiga kali. [monces]

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close