HeadlineMetro Fakfak

Bupati Fakfak Bersama Kepala BPS Teken MoU Sensus Penduduk 2020

FAKFAK, kabarfakfak.com – Badan Pusat Statestik (BPS) Kabupaten Fakfak menggelar Focus Group Discussion (FGD) Analisasi Data Fakfak Dalam Angka 2019 di Meeting Room Hotel Grand Papua Fakfak, Senin (29/8/2019) pagi kemarin.

Bupati Fakfak Dr. Mohammad Uswanas, M.Si resmi membuka FGD Analisasi Data Fakfak Dalam Angka 2019/foto monces.

Pada kesempatan itu, BPS Kabupaten Fakfak melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Fakfak.

Penandatangan MoU atau perjanjian kerjasama dilakukan oleh Kepala BPS Kabupaten Fakfak Cahyo Kristiono, S.ST, M.stat dan Bupati Fakfak Dr. Drs. Mohammad Uswanas, M.Si dalam rangka pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020.

Bupati Fakfak Mohammad Uswanas yang secara resmi membuka kegiatan tersebut mengapresiasi kinerja BPS Kabupaten Fakfak berdasarkan regulasi atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Bupati Uswanas berharap semua peserta FGD mengambil peran yang positif, produktif dalam forum tersebut untuk memberikan masukan, sehingga dapat memberikan satu bantuan kepada pemerintah Kabupaten Fakfak dalam strategi pembangunan nasional untuk merujuk kepada data.

Bupati Fakfak Dr. Mohammad Uswanas, M.Si bersama Kepala BPS Kabupaten Fakfak Cahyo Kristiono, S.ST, M.stat/foto monces.

“Data mana, data statestik, kalau sudah bicara Fakfak dalam angka maka sifatnya mutlak itu, itu validiti, tinggal nanti dua tahun kita hidutung riliebritinya, baru kita berekotruksi ulang dalam pendataan-pendataan untuk kepentingan lain,”ujarnya.

Selain itu, pentingnya Fakfak dalam angka, yaitu menyediakan data faktor demokratis jumlah penduduk di Kabupaten Fakfak, karena tahun 2020 akan ada sensus penduduk.

“Nah, ini membutuhkan data demokratis yang harus sifatnya mutlak, valid, nanti kita lihat berapa jumlah data berdasarkan angka kelahiran, kemudian berapa jumlah data berdasarkan perkembangan migrasi,”pintanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Andarias Rante dalam laporannya mengatakan bahwa publikasi Kabupaten Fakfak dalam angka merupakan salah satu publikasi BPS yang paling diminati oleh pengguna data.

“Tercatat, hampir semua pengunjung BPS Kabupaten Fakfak meminta data yang berasal dari publikasi ini,”ujarnya.

Bupati Mohammad Uswanas menyerahkan piagam penghargaan kepada Kepala PDAM Fakfak sebagai responden terbaik BPS/foto monces.

Menurutnya, publikasi Fakfak Dalam Angka berisi tentang kompilasi data-data yang dihasilkan baik dari kegiatan BPS Kabupaten Fakfak maupun data sektoral dari OPD, BUMN, BUMD, Perguruan Tinggi dan lembaga lainnya di Kabupaten Fakfak.

“Tujuan dan sasaran dari kegiatan ini adalah menfinalisasi data publikasi Kabupaten Fakfak dalam Angka 2019 sebelum diterbitkan, dan selain itu, menjelaskan data sektoral yang ada di publikasi Kabupaten Fakfak dalam Angka,”jelasnya.

Sementaa, peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut, sebut Andarias, berasal dari OPD, BUMN, BUMD, Instansi, Perusahaan Swasta dan lembaga-lembaga lainnya.

“Metode pertemuan tersebut berupa paparan materi yang disampaikan  oleh pemerintah daerah dalam hal ini Bappeda dan Litbang Kabupaten Fakfak dan Kepala BPS Kabupaten Fakfak,”kata Andarias.

Bupati Fakfak dan Kepala BPS Kabupaten Fakfak foto bersama peserta FGD/foto monces.

Pada kesempatan itu juga Bupati Mohammad Uswanas menyerahkan piagam penghargaan responden terbaik BPS kepada dinataranya PDAM Kabupaten Fakfak, PT. Pelindo Cabang Fakfak, BPKAD Kabupaten Fakfak, dan PT. Bomberay Indah.

FGD Analisa Data Fakfak Dalam Angka tahun 2019 berakhir dengan diskusi dan tanya jawab, yang dilanjutkan dengan penutupan oleh Kepala BPS Kabupaten Fakfak. [monces]

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close