HeadlineMetro Fakfak

Rusuh, Pasar Thumburuni Fakfak Ludes Terbakar

FAKFAK, kabarfakfak.com – Pasar Plaza Thumburuni Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat dan sejumlah Kios dan lapak disisi kiri pasar tersebut ludes terbakar, Rabu (21/8/2019) pagi.

Satu unit mobil tangki dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang dikerahkan, namun tidak mampu memadamkan sijago merah itu, sehingga api cepat menjalar ke Pasar Plaza Thumburuni yang menjadi kebanggaan masyarakat Fakfak terbakar. Selain puluhan kios terbakar, juga Los Pasar berada di ujung timur pasar plaza Thumburuni.

Bahkan Massa yang berjalan kaki dari Sebrang Distrik Fakfak Tengah masuk ke Kota membakar meja pedagang kaki ditengah jalan, dan merusak kaca Terminal Penumpang Pelabuhan Fakfak dan satu unit kenderaan roda dua yang parkir dipinggir jalan juga dibakar.

Bukan saja itu, amukan massa merusak sejumlah Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Nasional Indonesia (BNI) dan juga ATM Bank Mandiri yang terletak di Ruko Jln Salasa Namudat Kabupaten Fakfak. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu, Namun kerugian pedagang diperkirakan lebih dari satu milyar.

Kajadian itu berdampak dari massa yang melakukan aksi unjuk rasa damai memprotes tindakan persekusi dan rasisme yang diduga dilakukan oleh organisasi masyarakat dan oknum aparat terhadap para mahasiswa asal Papua di Malang dan Surabaya Jawa Timur 17 Agustus 2019 lalu. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close