HeadlineMetro Fakfak

Pasca Kebakaran Pasar Thumburuni Fakfak, Pedagang Mulai Mengumpulkan Puing-puing Sisa

FAKFAK, kabrafakfak.com – Para pedagang Pasar Plaza Thumburuni Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat, Kamis (22/8/2019) pagi berbondong-bondong mencari barang-barang dan puing-puing yang dianggap bisa digunakan untuk dijual kembali pasca kebakaran Pasar Plaza Thumburuni Kabupaten Fakfak, Rabu (21/8/2019) kemarin.

Rustam, salah satu pedagang emas sekaligus korban kebakaran terlihat sedang mengangkat barang seperti kayu, plastik yang hangus terbakar guna mencari emas yang menurutnya, emas-emas itu milik orang yang diperbaiki tidak sempat diselamatkan.

“Emas yang dijual sempat dibawa pulang (diselamatkan,red), tapi emas berupa cincin orang untuk service, perbaikan tidak sempat dibawa pulang kerumah, akhirnya ikut terbakar, ini yang kami cari,”ujar Rustam pedagang asal Makassar ini disela-sela kesibukan mecari emas yang tertimbun kayu, plastik yang hangus terbakar.

Kios-kios disamping kiri Pasar Plaza Thumburuni Kabupaten Fakfak hangus terbakar/foto monces.

Menurut Rustam, dia tidak membawa pulang emas-emas tersebut, karena dia tidak menyangka akan terjadi kebakaran. Akibat kebakaran itu, dia mengalami kerugian mencapai enam puluh juta rupiah.

Bukan saja Rustam yang mengalami musibah kebakaran, tapi pedagang lain berjualan dilantai dua dan tiga pasar tersebut barang jualan mereka tidak terselematkan.

Para pedagang membongkar gembok pintu tempat jualan untuk mengambil barang dagangan mereka, yang dianggap masih bisa untuk dijual kembali.

Kebakaran Pasar Plaza Thumburuni berdampak dari massa yang melakukan aksi unjuk rasa damai yang berujung anarkis terkait tindakan persekusi dan rasisme yang diduga dilakukan oleh organisasi masyarakat dan oknum parat terhadap para mahasiswa asal Papua di Malang dan Surabaya Jawa Timur. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close