EkonomiHeadlineMetro Fakfak

Bupati Fakfak Tatap Muka dengan Pedagang Korban Kebakaran

Suasana tatap muka Bupati Fakfak dengan para pedagang korban kebakaran pada saat kerusuhan 21 Agustus 2019 lalu.
Suasana verifikasi data para pedagang oleh Dinas Perindag sesuai dengan tempat jualan di Pasar Thumburuni.

FAKFAK, kabarfakfak.com – Bupati Fakfak Dr. Mohammad Uswanas, M,Si tatap muka dengan para pedagang korban kebakaran pasar Thumburuni Kabupaten Fakfak pada saat kerusuhan 21 Agustus 2019 lalu. Tatap muka tersebut dilakasnakan di lapangan KONI Kabupaten Fakfak, Jumat (20/9/2019) pagi kemarin.

Dalam arahannya, Bupati mengharapkan, pasar darurat yang baru saja selesai dikerjakan Kodim 1803/Fakfak, difungsikan selama kurang lebih 1 tahun kedepan menunggu pembangunan Pasar Thumburuni yang baru.

“Kedepannya tidak ada lagi yang jual jual meja kepada pedagang lain karena itu adalah fasilitas pemerintah yang diberikan kepada kalian bukan digunakan sebagai lahan bisnis,”kata Uswanas mengatakan Dandim dan Kapolres sebagai tim pengendali dan penertiban pasar tersebut.

Dandim 1803/Fakfak Letkol Inf Yatiman A.Md memberikan motivasi kepada para pedagang, Damdim  mengakui, pedagang memegang peran penting sebagai roda perikonomi di Kabupaten Fakfak.

“Para pedagang jangan putus asa dan tetap semangat untuk berdagang, saya berharap kejadian yang kemarin merupakan cambukan bagi kita semua dan pelajaran untuk kita semua, jaga stabilitas keamanan di lingkungan pasar, jangan terpengaruh dengan isu provokatif yang tidak bertanggung jawab karena kita semua masih tergabung dalam bingkai NKRI,”pintanya.

Sementara Asisten Bidang Perikonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Fakfak, Charles Kambu, S.Sos. M.Si mengingatkan para pedagang fungsikan baik los pasar darurat.

“Mulai dari sekarang sampai penempatan pasar los sementara itu masih menjadi tanggung jawab saya selaku ketua tim penataan pasar sampai terbentuknya atau dibangunnya pasar yang baru,”kata Charles Kambu.

Menurutnya, langkah awal akan diundi 180 orang yang nantinya akan masuk ke pasar sementara di samping pasar ikan Tanjung Wagom, sisanya kata dia, masih diperbolehkan berjualan di pinggir jalan dan areal parkir pasar Thumburuni.

“Jika sudah ada pembangunan selanjutnya maka semua pedagang harus pindah tidak ada yang berjualan di samping jalan,”tandasnya.

Pada kesempatan itu, dilaksanakan verifikasi data para pedagang oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) sesuai dengan tempat jualan di Pasar Thumburuni. Verifikasi sesuai dengan foto copy KTP dan Karti Keluarga.

Tatap muka tersebut dihadiri Forkominda diantaranya Dandim 1803/Fakfak, Letkol Inf. Yatiman, A.Md, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Fakfak, Samaun Dahlan, S.Sos. M.AP, Asisten Bidang Perikonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Fakfak Charles Kambu, S.Sos. M.Si.

Juga hadir Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Fakfak, Joko Punromo, S.Sos. M.Si, Kepala Dinas Prindag Drs. Husien Bay, M.AP, Kepala Satpol PP, Arif Rumagesan, Kepala Bidang Pasar Dinas Perindag Chrisye Talla, serta undangan lainnya. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close