HeadlineMetro Fakfak

225 Warga Fakfak Terima Bantuan BSPS, Wakil Bupati : Gunakan Sesuai Peruntukan

FAKFAK, kabarfakfak.com – Wakil Bupati Fakfak Ir. Abraham Sopaheluwakan, M.Si menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada 225 orang, di gedung Windert Tuare Kabupaten Fakfak, Rabu (16/10/2019) pagi.

Penyerahan bantuan tersebut secara simbolis kepada perwakilan penerma bantuan setelah Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Fakfak Samaun Dahlan, S.Sos. M.AP mewakili Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (Satker SNVT) Perumahan Provinsi Papua Barat menyerahkan SK Penetepan Penerima Bantuan kepada Wakil Bupati Fakfak.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Fakfak menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui Kementrian PUPR yang telah membedah rumah layak huni bagi warga yang kurang mampu.

Hal ini menurut Wakil Bupati sejalan dengan visi, misi Pemerintah Kabupaten Fakfak yang mewujudkan masyarakat Kabupaten Fakfak yang bermartabat, berdaya saing dan sejahtera.

“Kalau saya hitung-hitung dari tahun 2017 sampai dengan 2018, maka sudah 725 unit rumah yang sudah diselesai direhab atau dibedah,”kata Wakil Bupati.

Menurut Wakil Bupati, bantuan bedah rumah program Pemerintah Pusat ini sangat membantu dan meringankan beban masyarakat di tanah Papua khususnya masyarakat Kabupaten Fakfak.

“Cukup sudah bapa-bapa dan mama-mama dorang tinggal dirumah beratap daun kelapa atau enau, jerami atau ilalang, lantai rumah masih tanah, sekarang sudah tinggal di rumah semen, atap senk dan berlantai tegel,”kata Wakil Bupati.

Sementara Kepala Dinas PUPR Kabupaten Fakfak mengatakan bahwa, program BSPS dari Pemerintah Pusat melalui Kementrian PUPR diperuntuhkan kepada Masyarakat Berpengasilan Rendah (MBR)

“Tahun ini Kabupaten Fakfak mendapatkan alokasi 225 orang penerima bantuan yaitu tersebar di 2 kelurahan dan 6 kampung, masing-masing rumah memperoleh berupa bahan bangunan senilai Rp 15.000.000, dan biaya upa kerja sebesar Rp 2.500.000, dengan jumlah total penerima bantuan sebesar Rp 17.500.000,”kata Samaun Dahlan.

Adapun 2 kelurahan dan 6 kampung yang menerima bantuan yaitu, Kelurahan Danaweria sebanyak 50 unit rumah, Kelurahan Fakfak Selatan 25 unit, Kampung Sekban 25 unit, Kampung Sekru 20 unit.

“Kampung Gewerpe sebanyak 20 unit, kampung Lusiperi 20 unit, kampung Ketemba 25 unit, dan kampung Fior 40 unit rumah,”ujar Samaun Dahlan berharap adanya bantuan ini masyarakat dapat memiliki dan merasakan rumah parmanen. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close