HeadlineMetro FakfakUncategorized

Kapolres Fakfak : Keamanan itu Kesepakatan, Bukan Kebutuhan

FAKFAK, kabarfakfak.com – Setiap pertemuan atau rapat yang digelar oleh Pemerintah Daerah, maupun Organisasi Sosial Kemasyarakatan, Kapolres Fakfak AKBP. Deddy Foury Millewa, S.H, S.I.K, M.I.K selalu mengatakan bahwa, keamanan itu adalah ‘Kesepakatan” bukan Kebutuhan.

Kalimat bijak itu disampaikan Kapolres untuk mengingatkan kepada masyarakat bahwa, gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dilingkungan sekitar muncul akibat perselisihan, arogansi kekuasaan, tanpa sadar merugikan diri sendiri dan orang lain.

“Jadi pada prinsipnya tanpa masyarakat, kita (Polri) tidak bisa berbuat apa-apa, karena keamanan itu adalah kesepakatan, bukan kebutuhan, bila masyarakat sepakat untuk melaksanakan keamanan, kami (Polri) sebagai penjamin untuk kesepakatan itu,”ujar Kapolres Deddy ditemui Papua barat Pos diruang kerjanya, Kamis (17/10/2019) siang.

Menurut Kapolres, ketika keamanan sudah menjadi kebutuhan masyarakat, maka mungkin Polisi tidak terlalu bekerja keras lagi, katakanlah Polisi sebagai lambang saja atau pergaulan.

“Disitulah tidak dibutuhkan tindakan represif atau tindakan-tindakan yang berlebihan atau istilahnya memaksa,”kata Kapolres.

Namun, lanjut Kapolres, ketika masyarakat tidak sepakat keamanan atau berdamai dalam hal suatu persoalan, sudah tentu ada upaya pertemuan untuk mencari solusi penyelesaian, karena keamanan itu adalah kesepakatan bukan kebutuhan.

“Jadi perlunya kesepakatan masyarakat, apabila masyarakat meminta apa, kami (Polri) perlu ada jaminan keamanan, yang menjamin bukan kita, kita sebagai saksi, sebagai leading sektor untuk melihat kesepakatan itu masih berlangsung atau tidak, ketikan sudah melebihi batas hukum, maka kami akan bertindak,”tegas Kapolres. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close