HeadlineMetro Fakfak

Wakil Gubernur Papua Barat Pimpin HMPI di Fakfak

FAKFAK, kabarfakfak.com – Wakil Gubernur (Wabup) Provinsi Papua Barat Mohamad Lakotani, S.H., M.Si memimpin Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) di Areal Reklamasi Jln Salasa Namudat Kabupaten Fakfak, Jumat (22/11/2019) pagi.

Wagub dalam sambutannya mengatakan bahwa, penanaman pohon dalam rangka mensukseskan hari menanam pohon Indonesia merupakan program nasional pemerintah Indonesia yang dikoordinatori oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Kegiatan hari menanam pohon Indonesia yang kita laksanakan saat ini juga dilaksanakan secara serentak oleh pemerintah provinsi dan kabupaten kota lainnya di seluruh Indonesia,”kata Lakotani.

Wagub juga Menyampaikan bahwa kegiatan HMPI ini dilaksanakan dalam bentuk acara kampanye kepada masyarakat dengan maksud antara lain untuk meningkatkan rasa kepedulian seluruh komponen bangsa akan pentingnya fungsi pohon untuk penurunan emisi gas rumah kaca dalam rangka mengurangi pemanasan global.

“Untuk menunjang pembangunan yang bersih dari polusi mengajak seluruh komponen bangsa untuk menanam dan memelihara pohon secara berkelanjutan dalam rangka rehabilitasi hutan dan lahan serta menjaga kelestarian sumber daya alam,”ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wagub mengajak semua pihak yang hadir untuk ikut menjaga lingkungan hidup dengan cara turut serta menanam pohon di lingkungan hidup kita masing-masing baik di pekarangan rumah halaman kantor di tempat-tempat umum dan tempat-tempat lainnya,”pintanya.

Setelah menanan, pesan Wagub, harus wajib juga pelihara dengan baik sehingga tanaman atau pohon ini bisa tumbuh sampai besar dan dapat memberikan manfaat bagi kehidupan bersama.

“Kawasan-kawasan hutan dan lingkungan yang sudah kritis kita tanami kembali dan dipelihara sehingga dapat meningkatkan kualitas hutan dan fungsinya sebagai hutan konservasi hutan lindung dan hutan produksi,”pintanya.

Hal ini menurutnya, mempunyai makna bahwa setiap kegiatan pembangunan selalu dilaksanakan dengan prinsip-prinsip pembangunan yang berkelanjutan agar tidak merusak lingkungan.

“Kegiatan yang kita buat hari ini dan akhirnya dengan seruan bolehkan lahan membangun masa depan membangun dengan hati dan mempersatukan dengan kasih menuju Papua Barat yang aman sejahtera dan bermartabat,”tandasnya.

Sementara Bupati Fakfak Dr. Drs. Mohammad Uswanas, M.Si bahwa Bupati Fakfak dan Wali Kota Fakfak dalam visi misi, telah berkomitmen untuk membangun dengan memperhatikan kelestarian sumber daya alam dan ekosistemnya

“Kabupaten Fakfak memiliki kawasan hutan yang cukup luas, dan beberapa kegiatan sudah dikonversi untuk pembangunan di berbagai kepentingan lainnya, sehingga kawasan hutan masih tersisa serta perlu kita jaga dan kita lestarikan,”kata Bupati.

Dijelaskannya, Kabupaten Fakfak telah dibangun infrastruktur dasar untuk menunjang kegiatan ekonomi, sehingga diharapkan pembangunan itu juga dilakukan dengan berwawasan lingkungan,  dengan cara membangun ruang terbuka hijau serta menyediakan ruang untuk rekreasi yang nantinya mampu memberikan udara yang sehat dan segar bagi masyarakatnya khususnya di Kabupaten Fakfak

“Saya mengharapkan dan mengingatkan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Fakfak bahwa kawasan hutan kita yang kaya raya dengan potensi sumber daya alam yang terkandung didalamnya, termasuk flora dan faunanya, dijaga dan dipelihara baik,”pinta Bupati. [monces]

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close